Mendadak Tenar, Noor Jahan Ansari Pecahkan Semua Rekor Dunia

- Selasa, 8 November 2022 | 09:30 WIB
Gadis desa Noor Jahan Ansari
Gadis desa Noor Jahan Ansari

MoeslimChoice.Noor Jahan Ansari (15) tak pernah mengira bahwa dirinya akan menjadi sangat terkenal. Namun remaja ini memang merencanakan sesuatu yang besar dalam dirinya. Ia sukses melukis sekaligus 15 potret pemimpin anti-kolonial paling penting di India.

Pekan lalu, seniman belia dari Desa Vijay Nagla, Distrik Badaun, Negara Bagian Uttar Pradesh, India Utara, merilis klip pendek yang menunjukkan dia melemparkan bingkai kayu 15 jendela dengan 15 pensil ke kanvas besar.

Saat detik-detik berlalu dalam video timelapse, 15 wajah muncul, termasuk pemimpin gerakan nasionalis melawan kekuasaan Inggris di India Mahatma Gandhi; Ratu Lakshmi Bai, yang memimpin perang kemerdekaan pertama India; Bhimrao Ramji Ambedkar, yang memimpin penyusunan Konstitusi India; dan revolusioner nasionalis Netaji Subhash Chandra Bose.

Puluhan juta orang telah menonton klip itu saat beredar di media sosial. Industrialis dan produsen mobil terkemuka Anand Mahindra membagikan video berdurasi dua menit itu di Twitter dengan mengatakan bahwa itu adalah “keajaiban.”

Tapi artis muda itu tidak melihatnya seperti itu.

“Ini bukan keajaiban tetapi banyak kerja keras,” katanya kepada Arab News, Senin (7/11/2022).

“Ada perhatian terus-menerus pada saya dari media dan publik pada umumnya sejak orang-orang melihat video di media sosial.”

Ada yang mempertanyakan kredibilitas pencapaian Ansari karena meragukan kemungkinan melukis 15 potret sekaligus dalam waktu sesingkat itu.

Padahal waktunya tidak sebentar. Proses yang ditunjukkan dalam video dua menit gadis itu, pada kenyataannya, memakan waktu berbulan-bulan.

Halaman:

Editor: Ida Royani

Terkini

Inilah 9 Nasihat Imam Al-Ghazali untuk Orang Kaya

Jumat, 3 Februari 2023 | 23:26 WIB
X