Ini Penyebab Bayi Sulit Tidur Siang, Seperti Dialami Moana Anak Ria Ricis

- Kamis, 3 November 2022 | 07:40 WIB
Net
Net

MoeslimChoice.Anak Ria Ricis, Moana, sulit diajak tidur siang. Akibatnya, berat badan bayi tiga bulan itu terlalu pas-pasan.

"Moana udah susah tidur siang. Bobo juga udah bentar2. Maunya main terus. Jadi sekarang BBnya ngepas walau aku susuin sampe gumoh," tulis Ricis pada instastory di Instagram, Selasa (1/11/2022).

Meski begitu, ia bersyukur kondisinya bayinya tetap sehat. Ria Ricis meminta saran kepada para pengikutnya di media sosial untuk mengatasi persoalan anaknya tersebut.

"Alhamdulillah sehat, sih. Makin aktif. Gimana ya, moms?" tulis Ricis. 

Waktu tidur bayi memang masih lebih lama dibandingkan anak-anak atau bahkan orang dewasa. Bayi usia 0-3 bulan rata-rata waktu tidur selama 14-17 jam per hari. Itu sebabnya, saat siang hari bayi pun harusnya tidur. 

Namun, ada kalanya, bayi mungkin jadi susah tidur siang, seperti yang terjadi pada Moana. Sebenarnya ada banyak alasan yang menyebabkan bayi jadi melewatkan tidur siang. Bila kondisi fisik anak dipastikan sehat, penyebab umumnya bisa jadi karena berbagai hal berikut, sebagaimana dikutip dari Healthline:

1. Bayi tidak merasa lelah

Ini mungkin tampak jelas. Tetapi coba yakinkan bayi untuk tidur ketika mereka masih terjaga. Jangan memaksanya karena kemungkinan bayi hanya akan berteriak, menangis, bahkan menjadi sedih dan kesal.

Alih-alih mencoba memaksakan tidur siang pada bayi yang terlalu bersemangat, sebaiknya libatkan dia secara langsung. Bermainlah bersama anak dengan tenang, dan coba tidur siang lagi dalam waktu 30 atau 60 menit setelahnya. Semakin bayi bertumbuh, jadwal tidur siangnya memang akan berubah dan terkadang mereka hanya perlu bangun untuk waktu yang lebih lama.

Halaman:

Editor: Irma

Terkini

Inilah 9 Nasihat Imam Al-Ghazali untuk Orang Kaya

Jumat, 3 Februari 2023 | 23:26 WIB
X