Mimpi Ber-Umrah Akhirnya Jadi Kenyataan, Setelah Arab Saudi Izinkan Wanita Umrah Tanpa Mahram

- Sabtu, 22 Oktober 2022 | 21:00 WIB
foto/net
foto/net

 

MoeslimChoice. Sepanjang hidupnya, Ayesha Gul, berharap suatu hari dia akan berdiri di tempat paling suci bagi umat Islam, yaitu di Makkah. Dan kini, mimpi itu menjadi kenyataan ketika Arab Saudi melonggarkan aturan visa untuk jamaah haji.

Pada pertengahan Oktober 2022, Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Dr. Tawfiq Al-Rabiah mengumumkan, bahwa wanita tidak lagi membutuhkan wali laki-laki atau mahram, untuk mengunjungi Arab Saudi untuk melakukan ibadah haji atau umrah.

Gul, yang tinggal di Rawalpindi, sebuah kota yang berdekatan dengan ibu kota Pakistan, Islamabad, langsung melakukan perjalanan setelah mendengar pengumuman tersebut.

"Itu adalah mimpi saya untuk mengunjungi rumah Allah dan saya masih tidak percaya bahwa mimpi saya menjadi kenyataan, dan saya benar-benar duduk di depan Masjidil Haram," kata Gul bahagia, seperti dilansir dari Arab News, Jumat (21/10/2022) dari Makkah.

"Tidak ada diskriminasi gender dan Arab Saudi memperlakukan perempuan sama seperti laki-laki," tambahnya.

Di bawah aturan baru itu, visa kini telah diperpanjang masa berlakunya hingga tiga bulan dan peziarah (jamaah) dapat melakukan perjalanan ke kota-kota lain di Arab Saudi.

"Semua tindakan ini berbicara banyak tentang bantuan yang diberikan oleh Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman untuk para peziarah di seluruh dunia," kata Hamzah Gilani, juru bicara konsulat Pakistan di Jeddah.

Menurut otoritas Arab Saudi, sekitar 1,27 juta pengunjung (jamaah) telah mengunjungi Arab Saudi sejak bulan Muharram 1444 H, bulan pertama dalam kalender Islam yang bertepatan dengan tanggal 30 Juli 2022. Sekitar 200.000 jamaah berasal dari Pakistan, jumlah tertinggi kedua setelah Indonesia.

Halaman:

Editor: Melati

Terkini

Doa Sebelum dan Sesudah Makan

Rabu, 8 Februari 2023 | 10:31 WIB

Wajib Tahu, Begini Cara Tayamum Saat di Pesawat

Selasa, 7 Februari 2023 | 13:48 WIB

Inilah 9 Nasihat Imam Al-Ghazali untuk Orang Kaya

Jumat, 3 Februari 2023 | 23:26 WIB
X