Pemugaran Situs Bersejarah Rasulullah Pertahankan Keasliannya

- Jumat, 21 Oktober 2022 | 19:00 WIB

MoeslimChoice.Wali Kota Madinah Eng. Fahd Al-Bolaihashi menjelaskan rencana pengembangan situs bersejarah di kotanya, terutama lingkungan (lokasi Perang) Badar yang bersejarah.

Menurut dia, rencana pemugaran tersebut mencakup pengembangan jalur yang meliputi lebih dari 40 landmark bersejarah.

"Membentang sejauh 175 km, dimulai dari Madinah, melewati Masjid Al-Areesh dan kawasan Al-Rawhaa dan sejumlah situs yang terkait dengan peristiwa terpenting dalam sejarah kehidupan Nabi Muhammad SAW di wilayah Badar," kata Wali Kota di acara peluncuran proyek pemugaran di Madinah kemarin, Rabu (19/10/2022).

Sebelumnya, Pangeran Faisal bin Salman yang merupakan Emir Madinah sekaligus Ketua Dewan Direksi Otoritas Pembangunan Daerah, pada Rabu meluncurkan proyek untuk merenovasi Situs Sejarah Islam dan Rasulullah Muhammad SAW di wilayah tersebut.

Acara peluncuran tersebut dihadiri oleh Menteri Haji dan Umrah Dr. Tawfiq Al-Rabiah, dan Wakil Menteri Kebudayaan Hamed Fayez.

Proyek-proyek ini sedang dilaksanakan di lebih dari 100 situs yang terkait dengan biografi Nabi dan sejarah Islam. Kantor Pengembangan Destinasi Wisata di bawah Otoritas Pengembangan Daerah bertanggung jawab untuk menindaklanjuti penyelesaian proyek-proyek ini dalam batas waktu yang disetujui pada tahun 2025.

Pangeran Faisal meresmikan delapan situs yang pembangunannya telah selesai, di antaranya Masjid Al-Ghamama, Masjid Al-Soqya, Masjid Al-Raya, Masjid Abu Bakar Siddiq, Masjid Omar bin Khattab, Masjid Bani Anif, Sumur Gharas, dan Benteng Urwa bin Al-Zubair.

Dalam upacara tersebut Emir menyaksikan penandatanganan kontrak, kesepakatan dan nota kesepahaman antara Otoritas Pembangunan Daerah dan sejumlah instansi pemerintah dan swasta untuk mengembangkan dan menghidupkan kembali situs-situs bersejarah.

Ini termasuk desain dan implementasi situs Sayyid Al-Shuhada Square, Saqifa Bani Saad (barat Masjid Nabawi), situs Khandaq, pengembangan Masjid Qiblatain dan daerah sekitarnya, dan sumur Othman bin Affan.

Halaman:

Editor: Ida Royani

Terkini

Doa Sebelum dan Sesudah Makan

Rabu, 8 Februari 2023 | 10:31 WIB

Wajib Tahu, Begini Cara Tayamum Saat di Pesawat

Selasa, 7 Februari 2023 | 13:48 WIB

Inilah 9 Nasihat Imam Al-Ghazali untuk Orang Kaya

Jumat, 3 Februari 2023 | 23:26 WIB
X