• Selasa, 7 Februari 2023

Al-Manea: Jual Emas dengan Mencicil Haram

- Senin, 3 Oktober 2022 | 17:08 WIB

MoeslimChoice.Cendekiawan Islam Arab Saudi terkemuka sekaligus Anggota Dewan Ulama Senior Sheikh Abdullah Al-Manea mengatakan, tidak diperbolehkan menjual emas secara mencicil. Karena mengandung riba'.

Putusan ulama itu dikeluarkan, di saat skema dan penawaran penjualan emas dan perak secara mencicil beredar melalui media sosial di Arab Saudi.

Berbicara kepada Okaz/Saudi Gazette, Senin (3/10/2022), Al-Manea menyatakan bahwa membeli emas dan perak dan melakukan pembayaran uang secara mencicil, yang melibatkan pembelian langsung dan melakukan pembayaran kemudian selama beberapa bulan, tidak diperbolehkan.

“Alasan larangan itu karena dianggap riba annasee’ah (bunga untuk dijual secara kredit). Ini adalah jenis riba yang dilarang oleh Syariat Islam, ”katanya sambil menekankan bahwa emas harus diterima dengan pembayaran yang siap bayar atau tunai/langsung.

Al-Manea menekankan bahwa jenis 'angsuran' ini dilarang oleh Syariah. “Tidak boleh menunda pembayaran sebagian dari harga atau menunda penerimaan emas,” katanya.

Banyak ahli hukum Islam sebelumnya memutuskan bahwa emas tidak dapat dijual baik secara mencicil atau kredit, melainkan emas dan harganya harus diserahkan di tempat.[ros]

Editor: Ida Royani

Terkini

Inilah 9 Nasihat Imam Al-Ghazali untuk Orang Kaya

Jumat, 3 Februari 2023 | 23:26 WIB
X