Saudi Kampanye Hentikan Memubazirkan Makanan

- Minggu, 2 Oktober 2022 | 14:21 WIB
Kebiasaan masyarakat memubazirkan makanan
Kebiasaan masyarakat memubazirkan makanan

MoeslimChoice.Saudi Grains Organization (SAGO/Organisasi Biji-bijian) meluncurkan kampanye untuk mengurangi kehilangan dan pemborosan atau memubazirkan makanan, yang merugikan Arab Saudi SR40 miliar per tahun.

SAGO, yang diwakili oleh Program Nasional untuk Mengurangi Kehilangan dan Pemborosan Pangan, memprakarsai kampanye kesadaran yang luas di bawah slogan “The Waste Moment.”

Kampanye ini didasarkan pada peran SAGO dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya diversifikasi pangan dan rasionalisasi dalam konsumsi. Ini juga menekankan pentingnya mempromosikan praktik konsumsi yang sehat dan memotivasi penerapan solusi yang berkontribusi untuk mengurangi limbah makanan.

SAGO menyatakan bahwa nilai limbah makanan di Kerajaan melebihi SR40 miliar per tahun, sementara persentase kehilangan dan limbah makanan mencapai 33 persen.

“Kampanye tersebut menyaksikan interaksi yang luas di antara anggota masyarakat, serta lembaga pemerintah, sektor swasta dan asosiasi, dalam kerangka tanggung jawab sosial bersama, yang berasal dari perspektif agama, sosial dan nasional.

Kampanye ini akan berlanjut hingga akhir Oktober sementara program kesadaran berlanjut melalui akun resmi Program Nasional untuk Mengurangi Kehilangan dan Pemborosan Pangan di Kerajaan sepanjang tahun untuk menjelaskan keseriusan kehilangan dan pemborosan makanan di semua aspek kehidupan.

Program Nasional bertujuan untuk mengkoordinasikan, menyarankan dan melaksanakan kebijakan publik untuk memahami penyebab dan dampak kehilangan dan pemborosan pangan. Kampanye ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang konsep food loss and waste, karena berbagi beberapa tips dan ide terkait pengurangan food waste dan memanfaatkan sisa makanan.

SAGO menunjukkan bahwa waktu kampanye bertepatan dengan Hari Kesadaran Kehilangan dan Pemborosan Pangan Internasional, yang jatuh pada 29 September, dan itu merupakan kesempatan internasional untuk mengadopsi penggunaan sumber daya alam secara efektif.

Patut dicatat bahwa kehilangan dan pemborosan pangan merupakan perhatian global karena efeknya yang mengerikan pada tingkat ekonomi, kesehatan, sosial dan lingkungan, dan menyebabkan hilangnya dan pemborosan sumber daya yang merupakan bagian integral dari proses produksi pangan.

Halaman:

Editor: Ida Royani

Terkini

Doa Sebelum dan Sesudah Makan

Rabu, 8 Februari 2023 | 10:31 WIB

Wajib Tahu, Begini Cara Tayamum Saat di Pesawat

Selasa, 7 Februari 2023 | 13:48 WIB

Inilah 9 Nasihat Imam Al-Ghazali untuk Orang Kaya

Jumat, 3 Februari 2023 | 23:26 WIB
X