Niat, Tata Cara dan Doa pada Shalat Witir

- Rabu, 8 Maret 2023 | 23:05 WIB
Ilustrasi shalat witir
Ilustrasi shalat witir

MoeslimChoice. Ramadan 2023 tinggal menghitung hari. Seluruh umat Islam sangat antusias menyambut bulan suci Ramadan.

Selain puasa, ada salah satu amalan yang juga sangat dinanti-nanti oleh umat Islam, yakni shalat tarawih dan Shalat witir.

Dikutip dari Islam NU, Shalat witir merupakan salah satu shalat sunnah mu'akkad (sangat dianjurkan) dalam Islam. Adapun perbedaan pendapat dari para ulama terkait status hukum Shalat witir tersebut.

Menurut ulama mazhab Syafi'iyah, hukum Shalat witir adalah sunnah, tidak sampai berhukum wajib. Artinya, jika dilakukan mendapatkan pahala, jika ditinggalkan tidak berdosa.

Namun menurut mazhab Hanafiyah, wajib hukumnya melakukan Shalat witir, sehingga akan berdosa bagi orang-orang yang tidak melakukannya.

Baca Juga: Doa Shalat Tahajud

Adapun ulama mazhab Syafi'iyah menjadikan salah satu hadits sebagai landasannya, sebagaimana Rasulullah SAW bersabda.

أَوْتِرُوْا يَا أَهْلَ الْقُرْآنِ، فَإِنَّ اَللّٰهَ وِتْرٌ يُحِبُّ اَلْوِتْرَ

Artinya: "Berwitirlah kalian semua, wahai ahli Al-Qur’an, karena sesungguhnya Allah itu ganjil, dan menyukai hal-hal yang ganjil" (HR Khuzaimah).

Tata cara shalat witir

Dikutip dari laman Islam NU, Shalat witir juga mempunyai syarat dan rukun yang harus dipenuhi, yaitu dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam, membaca al-Fatihah, ruku', i'tidal, sujud, dan lainnya. Namun dalam praktik pelaksanaannya, Shalat witir bisa dilakukan dengan dua cara apabila jumlah rakaat yang dilakukan melebihi dari satu rakaat.

1. Boleh menyambung (washal), yaitu menggabungkan rakaat terakhir dengan rakaat sebelumnya. Contoh: melakukan Shalat witir sebelas rakaat dengan satu kali takbiratul ihram dan satu salam.

2. Boleh dilakukan secara terpisah (fashal), yaitu memisah rakaat sebelumnya dengan rakaat sesudahnya. Contoh: melakukan Shalat witir 10 rakaat dengan satu salam lalu ditambah satu rakaat dengan satu salam, atau bisa juga dilakukan dengan satu salam pada tiap dua rakaat. Cara yang kedua ini lebih utama daripada cara yang pertama. (Habib Zain bin Sumaith, Taqriratus Sadidah, 2003, h. 287).

Baca Juga: Simak Niat dan Tata Cara Shalat Taubat

Niat Shalat witir

Halaman:

Editor: Shafira Marwah

Sumber: Islamnu.or.id

Tags

Terkini

Bacaan Doa Niat Puasa Ramadan

Minggu, 19 Maret 2023 | 00:08 WIB

Berikut Doa-Doa yang Bisa Dibaca di Bulan Ramadan

Selasa, 14 Maret 2023 | 18:57 WIB

Hukum Ziarah Kubur Menjelang Ramadan

Selasa, 14 Maret 2023 | 08:05 WIB

Persiapan Menyambut Bulan Ramadan 2023, Apa Saja?

Jumat, 10 Maret 2023 | 09:35 WIB

Hukum Membunuh Semut dalam Islam

Kamis, 9 Maret 2023 | 06:34 WIB

Niat, Tata Cara dan Doa pada Shalat Witir

Rabu, 8 Maret 2023 | 23:05 WIB
X