• Senin, 25 September 2023

Hukum Amalan Rebo Wekasan di Setiap Rabu Akhir Bulan Shafar! Begini Penjelasannya

- Rabu, 13 September 2023 | 00:05 WIB
Setiap Rabu terakhir di bulan Shafar, Umat Islam di Indonesia ada yang mengadakan Rabu/Rebo Wekasan untuk menolak bala (ayosemarang.com)
Setiap Rabu terakhir di bulan Shafar, Umat Islam di Indonesia ada yang mengadakan Rabu/Rebo Wekasan untuk menolak bala (ayosemarang.com)

Moeslimchoice.com - Masyarakat Indonesia khususnya umat islam ada yang menganggap Hari Rabu terakhir pada bulan Shafar atau yang dikenal dengan sebutan Rebo Wekasan diyakini sebagian orang sebagai hari turunnya bala.

Jika benar demikian, peristiwa tersebut pada tahun 1445 H ini akan jatuh pada hari Rabu 13 September 2023.

Bagi sebagian masyarakat dan umat islam Tanah Air, akan ada ritual atau ibadah khusus saat Rebo Wekasan yang tujuannya, untuk menolak kesialan atau bala.

Baca Juga: Gegara Larangan Mengenakan Niqab di Sekolah, Masyarakat Mesir Terbelah

Menolak bala nya ialah dengan melaksanakan Sholat Rebo Wekasan atau sholat tolak bala yang diniatkan dalam sholatnya menggunakan niat sholat hajat.

Bagaimana sebenarnya dengan amalan Rebo Wekasan ini dalam segi kualitas dalil?

Mengutip dari website PERSIS (Persatuan Islam), Ulama terkemuka dari PERSIS (Persatuan Islam) sekligus Sekretaris Dewan Hisbah Pimpinan Pusat PERSIS, Ustadz Amin Muchtar menjelaskan Bulan shafar adalah salah satu dari 12 hijriyah, setelah bulan setelah Muharam. Shafar berasal dari kata Shifr [صفر] yang berarti kosong.

Sebagian mengatakan, “Dinamakan bulan Shafar karena Mekkah kosong dari penduduknya ketikaa mereka bepergian.”

Baca Juga: Selain Reza DA! Ini 6 Artis Indonesia yang Ucapkan Ijab Kabul Pernikahan Menggunakan Bahasa Arab

Ada pula yang berpendapat, “Dinamakan bulan Shafar karena para kabilah Arab pergi berperang dan merampas barang bawaan siapa saja yang ditemuinya sehingga tidak punya barang sama sekali.” (Lihat, Lisaan Al-‘Arab, karya Ibnu Manzhur, IV: 462-463)

Bulan Shafar dipandang istimewa, bukan atas dasar penetapan ibadah khusus, seperti bulan Muharram, namun terdapat peristiwa penting yang terjadi pada kehidupan Nabi Muhammad Saw di bulan itu, yang layak diambil Durus wa ‘Ibar (pelajaran dan peringatan).

Paling tidak terdapat 9 peristiwa penting yang terjadi di bulan Shafar, antara lain Peristiwa Mata Air Roji' dan Tragedi Bi'r Ma'unah (Sumur Maunah).

Baca Juga: Timnas U23 Kalahkan Turkmenistan 2-0, Presiden Jokowi: Ini Sejarah

Keyakinan bahwa bulan Shafar bulan Sial dan Shalat Tolak Bala hari Rabu akhir Shafar (Rebo Wekasan)

Halaman:

Editor: Nur Ramdhan Syah Anugerah

Sumber: Persis.or.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Merokok Itu Haram, Begini Menurut 4 Madzhab

Kamis, 21 September 2023 | 23:10 WIB
X