Modus Pemasok Bahan Baku Obat Sirup yang Sebabkan Gagal Ginjal Akut Pada Anak

- Sabtu, 12 November 2022 | 10:45 WIB
Net
Net

MoeslimChoice.Polisi ungkap modus pemasok bahan baku zat kimia Propilen Glikol (PG) dan Etilen Glikol (EG) oleh CV Samudra Chemical untuk bahan baku obat sirup. Diduga kedua zat kimia tersebut menjadi penyebab gagal ginjal akut pada anak.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan, CV Samudra Chemical menjadi pemasok untuk bahan baku obat sirup untuk PT Afi Farma. Hal ini diketahui setelah pihaknya menemukan sejumlah drum berisi PG dan EG untuk PT Afi Farma.

“Didapatkan fakta bahwa satu barang bukti yang ada di TKP, yaitu PG dan EG yang berada di dalam drum atau tong putih bertuliskan label DOW (The Dow Chemical Company), diduga merupakan bahan baku tambahan yang diorder PT AF melalui PT TBK dan PT APG,” katanya pada Jumat (11/11/2022).

Dalam modusnya, drum tersebut berlabel DOW palsu yang dilakukan oleh CV Samudra Chemical. Kemudian juga diduga digunakan untuk mengoplos zat cemaran EG sehingga kandungannya melebihi ambang batas yang sudah ditentukan.

“Diduga pelaku menggunakan drum atau tong berlabel DOW palsu atau bekas, kemudian melakukan percikan penambahan atau oplos zat cemaran EG, terdapat bahan yang diorder PT AF sehingga diduga kandungan cemaran di atas ambang batas,” katanya melansir dari PMJNews.com.

Sebelumnya, polisi akan memeriksa pemilik CV Samudra Chemisal yang berinisial E. Tak hanya itu, pemeriksaan ini dilakukan terhadap anak dari E serta masyarakat yang ada di sekitar penemuan drum berisi zat kimia PG dan EG tersebut.

"Rencana tindak lanjutnya akan melakukan pemanggilan terhadap saudara E selaku pemilik CV SC,” katanya.

“Saudara T anak dari E dan saksi-saksi RT dan RW,” tambah Ramadhan. [Irm]

Editor: Irma

Terkini

X