Gelombang Kedua Dimulai, Jamaah Haji Diminta Kenakan Kain Ihram Sejak dari Tanah Air

- Rabu, 7 Juni 2023 | 09:05 WIB

 

Moeslimchoice.com - Pemberangkatan jamaah haji gelombang pertama, yang diberangkatkan dari Tanah Air menuju Arab Saudi, melalui bandara Amir Mohammed bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah, yang dimulai pada 24 Mei 2023, hari ini, Rabu (7/6/2023) akan berakhir.

Dan pemberangkatan Jamaah Haji langsung akan dilanjutkan dengan gelombang kedua, yang akan dimulai pada 7 hingga 22 Juni 2023.

Pada gelombang kedua ini, jamaah haji yang diberangkatkan dari Embarkasi di Tanah Air menuju Arab Saudi dengan melalui bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah.

Baca Juga: Soal Blokade Jalan Umum di Depan Kedubes AS, Kemlu RI dan Pemprov DKI Siap Bertemu

Jika pada gelombang pertama, jamaah haji lebih dulu menuju Madinah, maka pada gelombang kedua ini, jamaah haji akan langsung menuju Makkah untuk melaksanakan umrah haji (umrah wajib), usai mendarat di bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

Berbeda dibandingkan pada gelombang pertama, pada gelombang kedua ini, Kementerian Agama (Kemenag) meminta agar jamaah haji yang berangkat langsung mengenakan kain ihram sejak dari embarkasi di Tanah Air.

Karena selanjutnya, jamaah haji akan langsung menuju Makkah Al-Mukarramah untuk menjalani Umrah Haji atau Umrah Wajib.

Baca Juga: Tegas! Menag Siap Pulangkan Petugas Haji yang Tak Berintegritas

"Jamaah Haji diminta untuk mengenakan kain ihram semenjak dari embarkasi keberangkatan di Tanah Air," kata Direktur Bina Haji Ditjen Penyelenggaran Haji dan Umrah, Arsad Hidayat di Jakarta, seperti dilansir dari laman Kemenag, Selasa (6/6/2023).

Hal itu, kata Arsad, mengingat tidak tersedianya waktu yang cukup dan menghindari penumpukan jamaah haji saat kedatangan di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

Menurut Arsad, untuk pelaksanaan niat umrah, dapat dilakukan saat berada di pesawat, ketika melewati wilayah Yalamlam atau ketika berada di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, menjelang keberangkatannya ke Makkah.

Baca Juga: Soal Penghancuran Menara Masjid di Najiaying, Sukamta Harap Pemerintah China Ambil Tindakan Tepat

Arsad pun meminta kepada seluruh petugas, baik Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi di seluruh Indonesia, maupun PPIH Arab Saudi, untuk memberikan prioritas pelayanan kepada jamaah haji lansia.

Dan diprioritaskan pada saat keberangkatan, di perjalanan, maupun saat kedatangan di Bandara King Abdul Aziz Jeddah.

Halaman:

Editor: Melati Tagore

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X