• Minggu, 5 Februari 2023

OJK: Jaminan Kesejahteraan Masyarakat di Perbankan Syariah Lebih Baik

- Jumat, 2 Desember 2022 | 18:30 WIB

MoeslimChoice.Dijamin, transaksi di perbankan syariah lebih menyejahterakan masyarakat. Karena perbankan syariah beroperasi atas prinsip-prinsip syariah, yang bertujuan kesejahteraan masyarakat

Demikian dikatakan Direktur Pengaturan dan Perizinan Perbankan Syariah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nyimas Rohmah di sela-sela Ijtima Sanawi Dewan Syariah Nasional (DSN) Majelis Ulama Indonesia Ke-18 di Hotel Mercure, Jakarta Barat,  dilansir dari MUIDigital, Jumat (2/12/2022).

Nyimas menjelaskan, sesuai road map pengembangan ekonomi syariah di Indonesia tahun 2020-2025, salah satu pilarnya menekankan penguatan identitas perbankan syariah.

“Karena perbankan syariah beroperasi atas prinsip-prinsip syariah, sesuai maqooshid syariah, maka tujuannya untuk kesejahteraan masyarakat, ” ungkapnya.

Menurutnya, kesadaran menyejahterakan masyarakat ini harus menjadi identitas industry syariah, khususnya perbankan, untuk bisa dipilih masyarakat.

“Itulah yang harusnya kita perkuat. Kita tegaskan kepada masyarakat bahwa perbankan syariah akan memberikan kebaikan kepada masyarakat karena memang didasari oleh prinsip syariah, ” tegasnya.

Banyaknya masyarakat yang terjerat pinjol, menurut dia, karena minimnya literasi tentang pinjol. Itu membuat masyarakat tidak mengukur asas manfaat atau nilai kesejahteraan jika menggunakan pinjol. Padahal, perbankan syariah menawarkan jaminan kesejahteraan yang lebih baik dibandingkan pinjol.

“Masyarakat cenderung hanya melihat bisa mendapatkan pinjaman uang dengan syarat yang mudah tetapi tidak dengan konsekuensinya seperti apa, ” ungkapnya.

Dia mencontohkan, banyak pinjol tidak resmi yang tidak memberikan informasi yang lengkap kepada nasabah. Berbeda dengan pinjol, industry syariah memberikan informasi secara langsung sejak awal secara jelas sesuai prinsip syariah.

Halaman:

Editor: Ida Royani

Terkini

Cegah Plagiarisme, Gambo Muba Didaftarkan HAKI

Rabu, 1 Februari 2023 | 16:00 WIB
X