• Minggu, 5 Februari 2023

Indonesia Ajak Negara-negara OKI Memajukan Industri Halal

- Selasa, 29 November 2022 | 22:26 WIB

MoeslimChoice.Pameran dagang produk halal terbesar dunia, OIC Halal Expo kembali hadir. Expo halal tahun ini merupakan gelaran ke-9, yang diselenggarakan negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) atau Organization of Islamic Conference(IOC).

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Menteri Keuangan Turki Nureddin Nebati, dihadiri Sekjen OKI, Wakil Perdana Menteri Uzbekistan Aziz Abdukhakimov, Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto yang hadir secara virtual, menteri dan pejabat terkait lainnya (24/11/2022).

Kegiatan the 9th Halal Expo diselenggarakan secara simultan dengan The 8th World Halal Summit. Tahun ini, kegiatan mengambil tema “For a Sustainable Trade: Explore All the Aspects of the Growing Global Halal Industry”.

“Indonesia mendukung penuh sustainable trade dalam memajukan industri halal dan Indonesia sedang mengembangkan ekosistem menjadi Global Halal Hub,” ungkap Menko Airlangga Hartarto saat pembukaan. Selain itu, Menko juga mengajak negara OKI untuk saling berkolaborasi memajukan industri halal.

Acara pembukaan dihadiri sekitar 3.000 tamu VIP di Istanbul Expo Center, dengan sejumlah acara seremonial. Perwakilan Indonesia yang hadir pada pembukaan antara lain Duta Besar RI untuk Turki, Kepala Badan Standardisasi Nasional, Kukuh S Achmad dan Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Kementerian Perdagangan Veri Anggrijono.

Turut hadir perwakilan entitas regulator halal Indonesia, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) dan BP Tanjung Pinang sebagai kawasan industri yang mendukung industri halal.

Duta Besar RI untuk Turki, Dr Lalu Muhamad Iqbal, driving force industri halal dunia adalah pertumbuhan demografi dan pendapatan per kapita di kalangan Muslim yang meningkat.

Namun demikian, kata Dubes, situasi krisis energi dan krisis pangan yang terjadi saat ini, telah mengganggu rantai pasok global, termasuk industri halal.

“Dalam situasi ini, Indonesia sebagai produsen bahan baku dapat menjadi penopang ekosistem perdagangan halal dunia yang berkelanjutan,” ujar dia dilansir MUIDigital, Selasa (29/11/2022).

Halaman:

Editor: Ida Royani

Terkini

Cegah Plagiarisme, Gambo Muba Didaftarkan HAKI

Rabu, 1 Februari 2023 | 16:00 WIB
X