Menteri BUMN Dorong UMKM Go Global di Gelaran KTT G20

- Senin, 14 November 2022 | 23:50 WIB

MoeslimChoice.Menteri BUMN Erick Thohir mendorong usaha mikro kecil dan menengah BUMN ikut menyukseskan perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Bali, melalui kegiatan Future SMEs Village.

Future SMEs Village merupakan kegiatan side event G20 di Bali yang mengangkat tema "Future SMEs Village: Local Wisdom for Global Sustainability" yang berlokasi di area Bali Collection Nusa Dua, Future SMEs Village ini dijadikan pusat para delegasi G20 untuk berkumpul dan berinteraksi serta menikmati keanekaragaman karya anak bangsa.

Dalam kegiatan ini, Rumah BUMN hadir sebagai bentuk komitmen nyata Erick Thohir bersama dengan 10 Perusahaan BUMN, untuk terus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM menuju go global.

Lebih lanjut Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan bahwa BUMN mendukung G20 melalui UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia yang telah go global.

“Tentunya hal ini juga merupakan kesempatan bagi UMKM untuk terus dapat membuka pasar baru dan menjadi angin segar bagi para pelaku usaha agar dapat selalu produktif dan kreatif” tambah Arya.

Dalam kegiatan tersebut Perusahaan BUMN mengusung berbagai tema, salah satunya “Youth Creativity" yang diisi oleh 5 BUMN, TELKOM, BNI, MANDIRI, PLN, dan PNM. Booth ini didominasi oleh UMKM Millennials dengan berbagai karyanya yang sebagian besar sudah go global.

Selain itu, BRI, SIG, PIHC, PERTAMINA, PELINDO mengusung tema “Local Heritage” yang didominasi oleh karya-karya UMKM yang mengangkat warisan lokal budaya Indonesia, karya anak bangsa yang mampu bersaing di pasar dunia.

Sebagai penutup Arya menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan Future SMEs Village ini tentunya dapat dirasakan langsung oleh pelaku UMKM BUMN untuk mempromosikan produk unggulannya di hadapan para delegasi G20 dan harapannya dapat menjadikan produk UMKM BUMN terkenal di manca negara.

Hal ini membuat kegiatan KTT G20 tidak menjadi event hanya untuk kalangan tertentu, melainkan dapat dinikmati oleh masyarakat luas.[ros]

Halaman:

Editor: Ida Royani

Terkini

Kemendag Resmikan Nusantara Fashion House di Malaysia

Senin, 6 Februari 2023 | 08:31 WIB

Cegah Plagiarisme, Gambo Muba Didaftarkan HAKI

Rabu, 1 Februari 2023 | 16:00 WIB
X