Delegasi Rti Terharu Jurnalis MINA NEWS yang Memberikan Pertolongan Kemanusiaan Sembari Meliput Berita

- Selasa, 6 Juni 2023 | 18:02 WIB
Kunjungan perdana Delegasi  Rti ke Kantor Berita MINA/Foto Ist
Kunjungan perdana Delegasi Rti ke Kantor Berita MINA/Foto Ist

MOESLIMCHOICE.com-Delegasi Rti yang tengah menggelar serangkaian kegiatan di Indonesia, pada hari Senin tanggal 5 Juni juga berkunjung ke Kantor Berita MINA di Gedung MER-C, Jakarta Pusat.

Ini adalah kunjungan perdana yang dilakukan oleh Rti ke Kantor Berita MINA. Delegasi Rti dipimpin langsung oleh Chairperson Cheryl Lai.

Turut serta Anggota Dewan Direksi Rti Chang Cheng-yang, Manager of International Language Department Carlson Wong, Senior Consultant Tony Thamsir, Koordinator Bahasa Indonesia Farini Anwar, Jurnalis Lin Yung-ching.

Baca Juga: Dukung Penuh, Herman Deru Minta Musi Runners Chapter II Melibatkan 5000 Peserta

Penyiar Rti Bahasa Indonesia Amina Tjandra juga hadir bersama Sekretaris Utama Taipei Economic and Trade Office Morgan Yang.

Dalam kunjungan ini, Radio Taiwan International juga menandatangani Letter of Intent (LoI) Kerja Sama dengan Kantor Berita MINA. Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Pemimpin Umum Kantor Berita MINA  Arief Rahman dan Chairperson Rti Cheryl Lai.

Dalam sambutannya, Arief menyampaikan bahwa ia berharap kerja sama dengan radio nirlaba milik pemerintah Taiwan itu dapat membawa hubungan yang semakin erat antara Indonesia dengan Taiwan, serta dapat semakin menyebarluaskan informasi mengenai keduanya melalui kedua media tersebut.

Baca Juga: Makkah Dilanda Cuaca Panas, Jamaah Haji Diimbau Tak Memaksakan Diri Laksanakan Ibadah Sunah

Saat melakukan pertukaran pandangan dan informasi, pihak Kantor Berita MINA juga menjelaskan mengenai tim pertolongan kemanusiaan yang juga dilakukan di berbagai lokasi liputan.

Cheryl Lai berdecak kagum dan terharu akan sikap yang dimiliki oleh para jurnalis di Kantor Berita MINA, yang mana sembari meliput berita juga tidak lupa memberikan pertolongan kemanusiaan bagi yang membutuhkan.

 “Ini adalah sebuah hal yang sangat luar biasa, karena membutuhkan pelatihan dan bimbingan khusus dalam menyikapi kondisi yang tengah dihadapi oleh para jurnalis yang mungkin saja berada dalam situasi bencana atau perang," katanya.

Baca Juga: Dukung Penuh, Herman Deru Minta Musi Runners Chapter II Melibatkan 5000 Peserta

Cheryl Lai menambahkan,"Selain meliput, Kantor Berita MINA ternyata juga bekerja sama dengan MER-C, yang juga turut memberikan pertolongan kemanusiaan bagi yang membutuhkan. Ini patut diberikan apresiasi yang tinggi."

Para wartawan yang akan diutus ke lokasi liputan, juga mendapatkan pelatihan khusus dalam hal memberikan pertolongan terhadap korban bencana, termasuk juga CPR dan pembalutan luka singkat di tengah kondisi yang mendesak.

Cheryl Lai mengatakan, “Wartawan yang ada di Taiwan biasanya hanya akan dilatih untuk menjadi peliput dengan sudut pandang orang ke tiga, sehingga berita liputan yang ada dapat lebih netral."

Baca Juga: Dukung Kestaraan Gender, Pemkab Muba Gandeng Swasta Beri 2630 Perempuan Modal Usaha

"Nnamun MINA yang bekerja sama dengan MER-C ternyata juga mampu memberikan pertolongan bagi korban dalam kondisi yang mendesak, ini juga meningkatkan nilai serta derajat seorang wartawan atau jurnalis yang ada," tambahnya.

Usai mengetahui keberadaan MINA dan tugas yang ada, maka kunjungan yang sekaligus juga merupakan ajang penandatanganan kerja sama antara Rti dan MINA, memberikan kesan yang sulit diungkapkan dengan kata-kata.

Berkenaan dengan hubungan kerja sama yang dijalin antara Rti dan MINA, maka secara resmi berbagai jenis pertukaran informasi dan berita di antara kedua belah pihak mulai berjalan.

Baca Juga: Tewas Mengenaskan, Mantan Agen FBI Robert Hanssen yang Biasa Hidup Mewah karena Jadi Spy Rusia

Cheryl Lai juga mengharapkan dengan adanya kerja sama ini, maka Rti yang terus menyuarakan perdamaian di tengah kondisi gejolak yang tengah dihadapi oleh dunia saat ini, bisa turut menjadi bagian dari dunia dan mampu memberikan keseimbangan dalam berbagai liputan berita.

Selain menyampaikan informasi terkini perihal Taiwan melalui siaran gelombang SW, RTISI juga terus berinovasi menggunakan layanan internet dan media sosial untuk memperluas jangkauannya, misal melalui Facebook, aplikasi seluler dan podcast.

Sementara Kantor Berita MINA yang didirikan pada 2012 itu sendiri merupakan kantor berita umum yang berlandaskan nilai-nilai Islam yang rahmatan lil alaamiin (rahmat bagi semesta alam) dan menyiarkan berita dalam tiga bahasa, yaitu Bahasa Indonesia, Arab, dan Inggris.

Baca Juga: Amazing, Indahnya Pantai Laut Merah di Jeddah dan Segera Dibuka 5 Lagi

Hadir juga pimpinan MINA yakni redaktur senior Ali Farkhan Tsani, sekretaris redaksi Widi Kusnadi, kepala peliputan Rana Setiawan, kepala redaksi Bahasa Arab (Desk Internasional) Rifa B Arifin, dan fotografer Abdullah.***

Editor: Rosydah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X