Doakan Korban Bencana Alam Maroko dan Libya, MUI Ajak Umat Islam Shalat Gaib di Seluruh Masjid

- Jumat, 15 September 2023 | 14:00 WIB
MUI Ajak Umat Muslim Laksanakan Shalat Gaib untuk Korban Gempa Maroko dan Banjir Libya
MUI Ajak Umat Muslim Laksanakan Shalat Gaib untuk Korban Gempa Maroko dan Banjir Libya

Moeslimchoice.com - Untuk mendoakan para korban meninggal akibat gempa yang terjadi di Maroko dan banjir besar di Libya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengajak umat Muslim untuk melakukan shalat gaib di seluruh Masjid.

Ajakan shalat gaib ini disampaikan Ketua MUI Bidang Hubungan Internasional dan Kerjasama Luar Negeri (HLNKI), KH Sudarnoto Abdul Hakim.

"Atas nama MUI, saya mengajak seluruh umat Islam untuk melaksanakan shalat gaib berjamaah, mendoakan mereka (korban bencana alam Maroko dan Libya) semoga husnul khatimah, diampuni seluruh dosa-dosanya dan ditempatkan di surga Allah," kata KH Sudarnoto Abdul Hakim, seperti dilansir dari MUIDigital, Jumat (15/9/23).

Baca Juga: Jelajah Turki, Inilah 5 Masjid Megah Peninggalan Kekaisaran Ottoman, Dari Hagia Sofia Hingga Sultan Ahmed

"Shalat gaib ini dianjurkan dilaksanakan pada hari ini, setelah pelaksanaan shalat Jumat," tambah KH Sudarnoto.

Gempa dahsyat berkekuatan magnetudo 6,8 yang terjadi di Maroko pada Jumat (8/9/2023) lalu, telah menewaskan sekitar 2.800 korban.

Sementara itu, bencana alam lainnya, yakni banjir besar juga terjadi di Libya, yang menelan korban jiwa hingga 5.000 orang meninggal dan 10 ribu lainnya belum ditemukan.

Baca Juga: Intip Honor Shah Rukh Khan di Film 'Jawan', Capai 200 Miliar Lebih?

Atas kejadian tersebut, Kiai Sudarnoto mengajak umat Islam agar turut membantu meringankan beban para korban dengan mengumpulkan sejumlah bantuan yang dapat disalurkan ke lokasi kejadian.

"Kita yang ada di Indonesia memiliki peluang untuk ikut serta meringankan beban berat masyarakat di Maroko dan Libya Timur, tanpa mengabaikan problem kemanusiaan di dalam negeri," ungkap Kiai Sudarnoto.

Kiai Sudarnoto menambahkan, bantuan dapat dihimpun melalui lembaga-lembaga filantropi yang kredibel, baik melalui lembaga pendidikan, atau Masjid-masjid yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Raih 10 Penghargaan, MAN 2 Kota Malang Jadi Madrasah Terbaik di Ajang OSN Nasional 2023

"Masjid-masjid adalah tempat yang sangat baik untuk menggalang dana kemanusiaan bagi korban bencana di Maroko dan Libya," imbuh Kiai Sudarnoto.

Dia menambahkan, selain itu, kampus dan lembaga pendidikan lainnya, juga bisa menjadi pusat gerakan kemanusiaan untuk menyalurkan bantuan-bantuan kepada mereka yang membutuhkan.

Halaman:

Editor: Melati Tagore

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X