• Minggu, 5 Februari 2023

Dukung Penggunaan ETLE, DPRD Minta Dilakukan Evaluasi

- Selasa, 24 Januari 2023 | 20:50 WIB
Rapat Kerja Komisi B DPRD DKI Jakarta/Foto Moeslimchoice: Deman
Rapat Kerja Komisi B DPRD DKI Jakarta/Foto Moeslimchoice: Deman

MoeslimChoice.Komisi B DPRD DKI Jakarta menyelenggarakan rapat kerja bersama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) dan Ditlantas Polda Metro Jaya di Ruang Rapat Komisi B DPRD DKI Jakarta, membahas alokasi dana hibah untuk Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Tahap III.

Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Ismail mengungkapkan, pengendalian lalu lintas melalui ETLE sebagai upaya penegakan hukum atau law enforcement berbasis IT. Maka dari itu, sistem ini perlu didukung mengingat dampaknya yang baik bagi kemajuan Kota Jakarta.

"Tinggal sekarang bagaimana dievaluasi secara berkala, sehingga nanti kita bisa menyempurnakannya. Bukan hanya secara kuantitas dan jumlah titik, kita juga melihat baik ke depannya," katanya, Selasa (24/1/2023).

Hal senada diutarakan Koordinator Komisi B DPRD DKI Jakarta Rani Mauliani. Ia menilai, sistem ini harus dibuat sesuai kebutuhan. Pihaknya tidak pernah menghambat segala sesuatu yang dibutuhkan masyarakat dan kemajuan perekonomian Jakarta.

"Ini suatu sistem yang sangat menarik, karena sekarang sudah eranya digital. Jakarta jangan sampai kalah dengan kota besar lainnya," ucapnya.

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo menjelaskan, ETLE mempunyai banyak manfaat seperti pendataan kendaraan bermotor menjadi lebih baik, kemudian lebih efisiensi karena tidak ada penindakan secara manual.

Kemudian bisa mengurangi kemacetan (traffic) atau perdebatan antara petugas dan masyarakat. Manfaat lainnya, masyarakat lebih disiplin karena merasa diawasi 24 jam serta dapat meminimalisir kecelakaan.

"Tentu dengan kita mendorong penggunaan tilang elektronik ini, manfaatnya akan kita rasakan ke depannya. Sehingga Jakarta akan lebih tertib, aman dan nyaman," ungkapnya.

Menurut Syafrin, permohonan anggaran hibah 2023 dari Ditlantas Polda Metro Jaya kepada Pemerintah (Pemprov) DKI Jakarta sebesar Rp 75.477.263.795. Anggaran ini untuk pengembangan ETLE Tahap III pada 70 titik di lima Kota Jakarta, penambahan 47 kamera pengecekan (checkpoint) dan 23 kamera penindak (e-police).

Halaman:

Editor: Ida Royani

Terkini

Polisi Buru Penembak Bos RMOL Bengkulu

Sabtu, 4 Februari 2023 | 03:10 WIB

Presiden Jokowi Resmikan Pula Bendungan di Bali

Kamis, 2 Februari 2023 | 20:45 WIB
X