Terkait Bantuan Korban Gempa Cianjur, Komisi IX: Pemerintah Harus Punya Data Akurat

- Rabu, 23 November 2022 | 18:15 WIB
foto/net
foto/net

MoeslimChoice. Turut prihatin dan berbela sungkawa atas musibah gempa yang melanda Cianjur, Anggota DPR RI dari Fraksi PKS, Netty Prasetiyani, meminta agar pemerintah segera memetakan kebutuhan serta kerusakan yang dialami oleh para korban.

"Pemerintah harus punya data akurat terkait korban gempa Cianjur, baik data kebutuhan pangan, obat-obatan, serta kebutuhan khas untuk perempuan dan anak-anak. Data kerusakan dan kerugian harta benda akibat gempa juga harus akurat," kata anggota Komisi IX DPR RI, Netty Prasetiyani dalam keterangannya, Rabu (23/11/2022).

Menurut Netty, data yang akurat akan memudahkan penyaluran bantuan, termasuk bantuan gotong royong dari masyarakat.

"Gunakan data akurat dan koordinasi berbagai pihak dalam penyaluran bantuan. Jangan sampai ada orang yang semestinya mendapatkan bantuan justru tidak tersentuh, sementara ada orang yang menerima bantuan berkali-kali," tambah Politikus PKS ini.

Ketua DPP PKS Bidang Kesejahteraan Sosial ini, juga meminta agar korban gempa yang luka dirawat dengan baik.

"Berikan perawatan maksimal secara gratis, jangan sampai di lapangan ditemukan keluhan soal korban gempa yang nasibnya terlunta-lunta," ujar Netty.

Sebagai aksi nyata, PKS telah menyerukan kadernya menggalang bantuan untuk korban gempa dan penyalurannya dilakukan berkoordinasi dengan DPD PKS Cianjur.

"Sudah otomatis struktur PKS bergerak menggalang dana dan bantuan serta menyalurkannya melalui struktur PKS dan elemen lainnya di Cianjur," kata Netty. [mt]

Editor: Melati

Terkini

X