Kunjungi Lokasi Gempa Cianjur, Jusuf Kalla Pastikan PMI Penuhi Kebutuhan Korban

- Rabu, 23 November 2022 | 18:25 WIB
foto/net
foto/net

MoeslimChoice. Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, yang kini menjabat sebagai Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), mengunjungi lokasi gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat (Jabar), Rabu (23/11/2022) 

Jusuf Kalla yang akrab disapa JK mendatangi tenda pengungsian di Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur, 

Kabupaten Cianjur. JK juga mengunjungi kantor PMI Kabupaten Cianjur, untuk melihat kesiapan armada ambulance dan personel PMI yang dikerahkan. 

"Pertama-tama saya ingin terlebih dahulu mengapresiasi Organisasi Relawan datang dari banyak daerah ke sini, ada Jakarta, Bandung, Sukabumi, tetapi perlu bekerja sistematis," kata Jusuf Kalla, di kantor PMI Kabupaten Cianjur, seperti dilansir dari jpnn, Selasa (22/11/2022).

Menurutnya, para relawan medis dari berbagai daerah ini, perlu bekerja secara sistematis, agar bantuan bisa tersalurkan dengan baik. PMI juga bekerja dengan sistem yang berlaku, seperti melakukan pendataan atau assessment hingga keperluan apa saja yang dibutuhkan korban. 

"PMI juga bekerja sesuai dengan sistem kami yang sudah berlaku. Pertama, assessment dulu apa yang mau dibuat, lalu dilaksanakan semuanya yang perlu untuk masyarakat dan relawan bekerja, baik dari kesehatan, shelter, penginapan, tenda, makanan itu dalam keadaan darurat. Tiga hal pokok itu," tambah JK.

Lebih lanjut, JK mengatakan ada tiga hal pokok yang harus dipenuhi dalam keadaan darurat bencana yakni tempat tinggal, makanan, dan kesehatan. Ia menilai, tiga hal ini patut diprioritaskan dalam sebulan ke depan.

"Dalam keadaan darurat, tiga hal pokok itu, mereka di mana tinggal sementara, makanannya bagaimana, kesehatannya bagaimana, Itu kami kerjakan minimun sebulan itu, kemudian merehabilitasi," imbuh JK. 

JK pun memastikan PMI akan mengerahkan berbagai upaya untuk memenuhi kebutuhan mendesak yang diperlukan masyarakat. Diharapkan, dengan begitu kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi dengan baik. 

Halaman:

Editor: Melati

Terkini

X