Presiden Jokowi dan Presiden Iran Sepakat Terus Dukung Perjuangan Rakyat Palestina & Afghanistan

- Rabu, 24 Mei 2023 | 08:58 WIB
Presiden Jokowi dan Presiden Iran, Seyyed Ebrahim Raisi bertemu di  Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Selasa (23/5/2023)
Presiden Jokowi dan Presiden Iran, Seyyed Ebrahim Raisi bertemu di Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Selasa (23/5/2023)

MoeslimChoice.com. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Kenegaraan Presiden Iran, Seyyed Ebrahim Raisi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (23/5/2023).

Usai mengadakan sesi foto bersama dan penandatanganan buku tamu, Presiden Jokowi dan Presiden Iran, Seyyed Ebrahim Raisi mengadakan pertemuan bilateral, di veranda belakang Istana Kepresidenan Bogor.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi dan Presiden Iran, Seyyed Ebrahim Raisi membahas situasi geopolitik dunia dan sejumlah potensi kerja sama kedua negara.

Baca Juga: Petugas Haji Diimbau Terapkan Prinsip 3-S , Senyum, Salam & Sapa dalam Melayani Jamaah Haji

Presiden Jokowi dalam pernyataan persnya menyampaikan, bahwa Indonesia dan Iran sepakat untuk terus mendukung perjuangan rakyat Palestina dan mengatasi krisis di Afghanistan.

"Tadi kita membahas mengenai situasi geopolitik dunia dan penguatan kerja sama bilateral," kata Presiden Jokowi, di Jakarta, Selasa (23/5/2023).

"Kami sepakat untuk terus mendukung perjuangan rakyat Palestina dan mengatasi krisis kemanusiaan di Afganistan, dengan terus menyuarakan akses pendidikan bagi perempuan di Afganistan dan terus memberikan bantuan kemanusiaan," tambah Presiden Jokowi.

Baca Juga: Pamer Harta Kekayaan, PNS Dinas Kesehatan Pemprov DKI Dipanggil dan Diperiksa

Presiden Jokowi juga menyampaikan, di bidang kesehatan, Indonesia-Iran sepakat melakukan proyek percontohan atau pilot project, untuk tindakan operasi telerobotik. Selain itu, proyek percontohan pada telemedisin serta kolaborasi alat telemedisin di 11 Puskesmas juga telah berjalan.

"Saya juga tadi menyampaikan terkait dengan alih teknologi dan produksi bersama dengan BUMN Indonesia dan kerja sama bioteknologi dan nanoteknologi untuk kesehatan, energi, pertanian, dan lingkungan," tambah Presiden.

Sedangkan untuk bidang ekonomi, Presiden mengungkapkan, kedua negara telah menandatangani persetujuan perdagangan preferensial atau preferential trade agreement (PTA).

Baca Juga: Lepas Keberangkatan Jamaah Haji Kloter 1, Menteri Agama: Fokus Beribadah Saja

Penandatanganan dilakukan oleh Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan dan Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran, Hossein Amirabdollahian dan diperlihatkan di hadapan kedua pemimpin.

"Semoga dapat makin meningkatkan perdagangan Indonesia dan Iran," imbuh Presiden.

Halaman:

Editor: Melati Tagore

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X