Waspada! Konsumsi Gorengan Saat Berbuka Puasa Ganggu Kesehatan Tubuh

- Kamis, 30 Maret 2023 | 23:57 WIB
Waspada! Konsumsi Gorengan saat Berbuka Puasa ganggu kesehatan tubuh
Waspada! Konsumsi Gorengan saat Berbuka Puasa ganggu kesehatan tubuh

 

MoeslimChoice.com. Buka puasa menjadi momen yang ditunggu-tunggu kaum Muslim saat Magrib tiba selama bulan Ramadhan. Sebelum berbuka puasa, biasanya sudah disiapkan hidangan di meja makan berbagai macam makanan, baik iu cemilan maupun makanan berat, dan juga buah-buahan hingga minuman manis dan segar.

Bagi banyak kalangan, di tengah menu yang dihidangkan itu, bisa dipastikan terdapat gorengan. Aneka gorengan menjadi menu andalan untuk berbuka puasa. Tidak lengkap rasanya, jika berbuka puasa tanpa gorengan, meski berbagai makanan dan buah-buahan dihidangkan.

Ironisnya, kebiasaan makan gorengan setelah seharian menjalankan puasa, ternyata dianggap suatu hal dapat mengganggu kesehatan. Oleh ahli kesehatan, gorengan merupakan salah satu hal yang justru perlu dihindari untuk berbuka puasa.

Dosen Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), dr. Fatimah Masyhur menyebutkan bahwa gorengan dapat menyebabkan gangguan dalam proses pemompaan darah.

"Gorengan mengandung banyak tepung dengan kalori tinggi dan minyaknya tidak baik untuk tubuh," ungkap dr Fatimah Masyhur, dikutip dari laman malangkota.go.id.

Disebutkan dr Fatimah, makan gorengan memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

Baca Juga: Wali Kota Jaktim Ikuti Forum Perangkat Daerah Bahas RKPD 2024

"Jika dikonsumsi dalam jangka panjang akan memengaruhi sistem kerja tubuh kita, seperti kardiovaskuler atau pemompaan darah," katanya.

Dr Fatimah juga menekankan, pentingnya menghindari makanan yang mengandung gula berlebih, kandungan lemak yang tinggi atau jenuh, serta makanan atau minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi.

Saat berbuka puasa, menurutnya, menu yang seimbang dan mengandung cukup protein nabati dan hewani, sayur, buah, serta air putih sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Ada banyak jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat buka puasa, selain gorengan yang telah disebutkan di atas.

Mengutip dari hellosehat.com, pedas-pedasan merupakan makanan yang harus dihindari saat puasa. Makanan pedas yang dikonsumsi saat buka puasa, dapat menyebabkan sakit perut dan memicu heartburn di ulu hati.

Baca Juga: Sambut Lebaran, Unit Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor Ujung Menteng Gelar KIR Gratis

Jika ingin tetap mengkonsumsi makanan pedas saat buka puasa, pastikan isi perut terlebih dahulu dengan makanan lain seperti buah kurma.

Halaman:

Editor: Melati Tagore

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X