Buron, Veronica Koman Masih Aktif Unggah Video Rusuh Papua

Hukum  SENIN, 23 SEPTEMBER 2019 | 14:00 WIB

Buron, Veronica Koman Masih Aktif Unggah Video Rusuh Papua

Veronica Koman

MoeslimChoice | Aktivis hak asasi manusia (HAM) yang menjadi tersangka kasus dugaan provokasi di Asrama Mahasiswa Papua, Surabaya, Veronica Koman, mengunggah video yang diduga berasal dari kerusuhan yang terjadi di Wamena pada Senin (23/9/2019).

Salah satu video yang diunggah Koman melalui akun Twitter-nya itu memperlihatkan ratusan siswa berseragam sekolah menengah atas (SMA) melakukan demonstrasi dengan meneriakkan “Papua, Merdeka”.

Sementara video lainnya dengan caption: “Sebelumnya hari ini, ketika mahasiswa yang mogok secara paksa dipindahkan oleh pasukan keamanan. Mereka berteriak “Papua! Merdeka! Pemberontakan Papua Barat - hari ke-36,” memperlihatkan sekelompok orang, diduga mahasiswa Papua, meneriakkan “Papua! Merdeka” di atas sebuah truk yang bergerak menjauh dari lokasi unjuk rasa.

Video pertama telah ditonton lebih dari 10 ribu kali, sementara video kedua mendapatkan lebih dari 2.500 kali tayang.

Kedua video itu segera mendapatkan reaksi beragam dari warganet, sebagian mengecam Koman karena isi video yang dianggap provokatif, sebagian mendoakan agar situasi di Papua dapat kembali pulih.

Veronica Koman saat ini tengah berada di Australia saat ditetapkan sebagai tersangka kasus provokasi, dan saat ini masih buron setelah dua kali mangkir dari panggilan polisi.

Kepolisian Republik Indonesia telah mengirimkan red notice kepada Interpol sebagai upaya mengekstradisi Koman untuk menghadapi proses hukum di Tanah Air. [yhr]


Komentar Pembaca