Batam Miliki Masjid Terbesar di Sumatera

Daerah  JUMAT, 20 SEPTEMBER 2019 | 23:00 WIB

Batam Miliki Masjid Terbesar di Sumatera

Moeslimchoice - Pemerintah Kota (Pemkot) Batam meresmikan masjid Sultan Mahmud Riayat Syah. Masjid ini merupakan terbesar di Sumatra yang dapat menampung lebih dari 25 ribu jemaah.

Wali Kota Batam, Muhamad Rudi mengatakan dengan dibangunnya masjid yang besar ini diharapkan bisa memudahkan para umat Islam untuk beribadah. Khususnya bagi para pekerja di kawasan industri yang terletak disekitar masjid.

"Meskipun belum selesai sepenuhnya, alhamdulillah hari ini sudah bisa kita gunakan masjid Sultan Mahmud Riayat Syah," kata Rudi di hadapan masyarakat nya, Jumat (20/9/2019).

Masjid ini didesain perpaduan ornamen kubah khas Turki, dipadu dengan 8 membran atau payung yang mengadopsi masjid Nabawi Madinah, dan paduan warna warna Kuning, dan hijau di dalam kubah yang menjadi ciri Melayu.

Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah dibangun di atas lahan seluas 41 meter persegi. Masjid ini memiliki kubah utama terbesar di Indonesia, bentangannya mencapai 63 meter, yang menutupi ruang salat utama. 

"Menara utamanya setinggi 99 meter yang mengambil makna filosofis Asmaul Husna dan memiliki 21 lantai dan menara pandang dengan tinggi 64,5 meter," kata Rudi.

Ia berharap keberadaan masjid Sultan Mahmud Riayat Syah tidak hanya sebagai tempat ibadah saja. Tapi juga dapat menjadi destinasi pariwisata religi di Batam. Terlebih lagi Batam selama ini merupakan pintu masuk wisatawan mencanegara ke Indonesia.

"Dari sisi fisik dan daya tarik masjid ini yang terbesar di Sumatera dan nomor 4 di Indonesia," katanya.

Sultan Mahmud Riayat Syah sendiri merupakan pahlawan asal Kepri, semasa hidupnya sangat disegani di tanah melayu.

Dia adalah pemimpin kesultanan Riau-Lingga-Johor-Pahang. Dilantik menjadi sultan diusia yang sangat belia saat itu masih usia dua tahun di tahun 1761.

Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Syafruddin menyambut baik dengan diresmikannya masjid Sultan Mahmud Riayat Syah Batam. Dimana merupakan yang tersebesar di Pulau Sumatera. Dengan keberadaan masjid ini diharapkan jadi momentum untuk terus bersilaturahmi dengan sesama umat islam.

"Saya sampaikan kepada Wali Kota, bahwa visi kita DMI ke depan adalah memakmurkan dan dimakmurkan oleh masjid," kata Syafruddin.

Karena itu, ia berpesan agar masjid yang sudah dibangun dengan megah ini dapat dimanfaatkan dan digunakan dengan baik untuk beribadah. Pihaknya juga beharap menjadi pusat wisata regili keislaman yang berbasis masjid.

Masyarakat diharapkan dapat mendukung pemerintah dan tokoh agama islam untuk menjaga masjid dengan sebaik-baiknya. Sehingga masjid bisa dikunjungi siapapun dan menyongsong peradaban Islam yang maju dan  modern. 

"Itu bisa tercapai, kalau kita semua bersama-sama," ujarnya.

Peresmian masjid Sultan Mahmud Riayat Syah dihadiri puluhan ribu masyarakat Batam, serta wisatawan dari Singapura dan Malaysia.

Pemkot Batam juga mengundang ustad Abdul Somad untuk mengisi tausyah pada tablig akbar perdana di masjid tersebut.


Komentar Pembaca