Peringati Hari Asyura, 12 Korban Meninggal di Nigeria

Internasional  RABU, 11 SEPTEMBER 2019 | 18:53 WIB

Peringati Hari Asyura, 12 Korban Meninggal di Nigeria

foto/net

Moeslimchoice. Peringatan Hari Asyura yang jatuh pada 10 Muharram selalu diperingati oleh kaum Syiah, sebagai peringatan atas meninggalnya cucu Nabi Muhammad SAW, Imam Hussein yang meninggal di Padang Karbala. 

Peringatan Hari Asyura tahun ini, tak hanya menelan korban di Karbala, Irak, namun juga menelan korban di berbagai negara lainnya. Salah satunya Nigeria.

Di Nigeria peringatan Hari Asyura menelan 12 korban jiwa dan melukai 20 orang pengunjung lainnya yang tengah mengadakan peringatan.  Militer Nigeria dengan senapannya menyerang para pengunjung/peziarah yang berkumpul di acara peringatan Hari Asyura tersebut. 

Menurut juru bicara IMN (Gerakan Islam Nigeria), Ibrahim Musa bahwa Para peziarah itu diserang di sejumlah kota di lima negara bagian, yaitu di Kaduna dan Katsina, Bauchi, Sokoto dan Gombe di Nigeria utara pada Selasa (10/9) kemarin.

Pasukan Nigeria juga menggunakan gas air mata untuk membubarkan acara peringatan Asyura tersebut. Sejumlah saksi mata juga mengatakan, ibukota Abuja diblokade sepenuhnya untuk mencegah para peziarah yang ingin mengadakan pertemuan bertemu.

Pada pekan lalu, Komisi Hak Asasi Manusia Islam (IHRC) sudah memperingatkan bahwa pihak berwenang Nigeria siap mencegah dan mengganggu acara peringatan Hari Asyura ini.

Pemerintah Nigeria telah melarang Gerakan Islam di Nigeria (IMN) dan telah menahan pemimpinnya, Syeikh Ibrahim al-Zakzaky. Anggota IMN diserang pada 2015 ketika mereka mengadakan prosesi keagamaan. [mt]


Komentar Pembaca