Walikota Jakarta Timur Luncurkan Layanan Arsip Keluarga

Daerah  RABU, 11 SEPTEMBER 2019 | 18:18 WIB | Deman

Walikota Jakarta Timur Luncurkan Layanan Arsip Keluarga

Moeslimchoice - Sudin Perpustakaan dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Timur melakukan peluncuran Layanan Arsip Keluarga atau yang lebih dikenal dengan Layarga. Peresmian layanan ini dilakukan oleh Walikota Jakarta Timur M Anwar di Aula Sudin Kelurahan Rawa Bunga Jatinegara.  


Kegunaan dari layanan ini agar masyarakat dapat menjaga arsipnya tetap dalam kondisi baik dan tidak hilang, dengan semboyan " Arsip ada Karena Terjaga ". Gerakan ini juga bertujuan agar masyarakat mengetahui program pemerintah dalam kearsipan yang saat ini sangat dibutuhkan.

Dalam peresmian ini Walikota sangat mengagumi proses penyimpanan arsip yang semula hanya selembar kertas lalu diproses keprogram digital.

 Awalnya dalam proses ini, masyarakat harus mengisi formulir sebelum dilakukan proses pemindahan data, dan dimasukkan kedalam CD, serta diarsipkan secara digital.


Adapun yang mendampingi Wali Kota pada saat peluncuran antara lain Kepala Suku Dinas Perpustakaan dan Arsip Jakarta Timur Eka Nuretika, serta Camat Jatinegara Asril Rizal.

Sambutan Walikota M. Anwar pada acara tersebut mengatakan. Layanan ini sangat penting bagi masyarakat dikarenakan arsip dan dokumen yang mereka miliki tidak tersimpan secara baik dan beresiko sangat tinggi jika terjadi kebakaran. Makanya pihak Pemerintah Kota sangat mendukung layanan ini, dan masyarakatpun seharusnya dapat mendukung agar arsip penting yang mereka punya dapat terhindar dari bahaya yang tidak kita inginkan.

“ Saya hanya mau mengingatkan saja, dengan adanya program ini kepedulian akan dokumen kita seharusnya kita mulai dari sekarang, jangan kita butuh baru sibuk mencarinyas " kata Wali Kota Rabu (11/9/2019).


Sementara Kasudin Peprustakaan dan Kearsipan Jakarta Timur, Eka Nuretika Putera menambahkan, bahwa kegiatan layanan arsip keluarga yang dilakukan merupakan hal yang baru dan perlu untuk diketahui oleh para warga supaya dokumen yang mereka anggap sangat penting dapat tersimpan di Sudin. 


“Arsip ini sangat penting, perlu disimpan secara rapi dan digital.  Ini untuk mengantisipasi jika ada bencana maka semua dokumen sudah diamankan,” tegas Eka.


Lebih jauh Eka menuturkan, proses penyimpanan arsip digital sangat mudah. Adapun tahapan yaitu warga cukup datang ke kantor Sudin Perpursip dengan membawa dokumen asli yang dapat terlayani hanya 1 orang bisa memasukkan 10 dokumen.“ Karena kini semua dokumen pentingnya sudah diamankan dan disimpan secara digital oleh unit yang berkompeten,” tuturnya.


Komentar Pembaca