Gubernur Sumsel Hadiri Aksi Donor Darah yang Digelar Alumni IPB

Tentang Sumsel  MINGGU, 01 SEPTEMBER 2019 | 20:11 WIB

Gubernur Sumsel Hadiri Aksi Donor Darah yang Digelar Alumni IPB

Moeslimchoice-  Didampingi Ketua PMI Sumsel, Hj Feby Deru, Gubernur Sumsel H.Herman Deru menghadiri acara bakti sosial Donor Darah yang digelar DPD Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor HA (IPB) Sumsel di kawasan Kambang Iwak, Minggu (1/9) pagi.

Selain donor darah, dalam kegiatan itu panitia juga melakukan lelang rompi HA IPB yang sudah dibubuhi tandatangani Gubernur Sumsel dan Ketua PMI Sumsel. Sejumlah peserta yang hadir tampak antusias memperebutkan rompi istimewa tersebut. Setelah beberapa kali ditawar oleh beberapa pengunjung yang hadir, rompi berwarna crem limited edition tersebut akhirnya dilepas seharga belasan juta rupiah.

" Saya berharap aksi mulia yang dilakukan HA IPB ini menular kemunitas lain di Sumsel. Sehingga kebutuhan darah di Sumsel selalu tercukupi. Saya juga mengapresiasi aksi ini karena bukan hanya dapat memenuhi kebutuhan darah saja tapi juga melibatkan pelaku UKM sehingga dapat menggerakkan perekonomian masyarakat. Sekali lagi saya ucapkan selamat ulang tahun untuk HA IPB," jelas Herman Deru.

Aksi-aksi seperti ini lanjut Gubernur sangat dibutuhkan oleh pasien di segala penjuru Indonesia. Oleh karena itu mestinya gerakan sepeeri ini dapat didiukung semua pihak. Iapun mengaku sangat bangga karena HA IPB Sumsel sudah menjadi pemantik aksi ini di wilayah Sumatera bahkan bisa menggerakkan aksi serupa di 20 titik di Indonesia.

" Gagasan ini saya harap bisa diikuti Ormas atau LSM lainnya. Jadi bukan hanya alumni IPB saja," tambahnya.

Saat ini dikatakan Herman Deru masyarakat tak perlu sungkan lagi mendonorkan darah karena di unit transfusi PMI Sumsel sudah memiliki alat yang canggih. "Saya mewakili masyarakat dan provinsi sekali lagi berterima kasih atas gerakan ini," jelasnya.

Senada dikatakan Ketua PMI Sumsel Hj Feby Deru. Diwawancarai usai acara, Ia mengatakan bangga dengan aksi alumni IPB yang ada di Sumsel karena kegiatan ini dapat menginspirasi komunitas lainnya untuk membantu sesama. Ia berharap kegiatan ini tidak hanya berhenti sampai donor darah saja tapi berlanjut pada kegiatan positif lainnya. Dengan demikian masyarakat terutama keluarga pasien akan sangat terbantu.

Sementara itu Ketua DPD HAIPB, Nadjib menjelaskan bahwa jumlah almuni IPB yang ada saat ini tersebar merata di seluruh Sumsel. Dengan jumlah sekitar 400 orang di Kota Palembang dan 300 orang di kabupaten dan Kota se Sumsel.

Dikatakannya aksi donor darah ini sebenarnya sudah dilakukan sejak 2 tahun lalu dan sigelar secara periodik. Untuk Minggu (1/9) ini terdaftar sekitar 250 orang belum termasuk yang datang secara spontan.

" Kami ingin HA IPB ini selalu bermanfaat bagi masyarakat. Selain agenda ini kami juga sudah mempersiapkan untuk kembali menggelar festival buah dan hasil pertanian pada 8 Januari 2020. Bahkan ini skalanya beberapa provinsi karena ada beberapa provinsi lain yang kita undang ," jelasnya.

Secara nasional kata Ketua DPP HA IPB, Syafrul gerakan aksi donor darah ini akan erlangsung hingga akhir September mendatang. Setelah dibuka perdana di Palembang aksi serupa akan erlanjut ke Gatut, Ciamis dan puncaknya 14 September di IPB. "Target kita 5000 kantong. Selain itu juga kita menggalakkan menanam pohon langka," tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut tampak hadir Kepala Perwakilan BI Palembang Yunita Resmi Sari, Kepala BPS Sumsel, Endang Tri Wahyuningsih Kepala Badan Kesbangpol Sumsel dan sejumlah pejabat tinggi lainnya.(Ang)


Komentar Pembaca