Umat Islam di Batam Gelar Aksi Dukung Ustadz Abdul Somad

Nasional  MINGGU, 25 AGUSTUS 2019 | 23:00 WIB

Umat Islam di Batam Gelar Aksi Dukung Ustadz Abdul Somad

Moeslimchoice - Ratusan umat Islam di Batam, Kepuluaran Riau, menggelar aksi bela ulama untuk memberikan dukungan kepada Ustadz Abdul Somad (UAS). Aksi ini digelar sekaligus mengajak seluruh umat Islam untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan.

Dalam aksi ini massa juga mengimbau masyarakat Indonesia agar tidak terpancing dengan provokasi yang dilakukan oleh pihak-pihak yang ingin memecah belah bangsa Indonesia.

Ketua Aliansi Umat Islam Bersatu Batam, Erwin Herdiawan alias Abu Gaza mengatakan sangat prihatin dengan banyaknya hujatan yang ditujukan kepada Ustadz Abdul Somad, terutama di media sosial (medsos). Karena itu sebagai umat Islam, sudah sewajibnya untuk membela ulama-ulama yang selama ini dicintai oleh jamaahnya.

"Kita sangat sedih melihat media sosial saat ini yang begitu banyak menghujat ulama kita, ulama yang kita cintai," kata Abu Gaza saat menyampaikan orasinya di sekitaran kawasan Masjid Agung Batam, Kepulauan Riau, Minggu (25/8/2019).

Pihaknya mendesak Polri untuk mengusut tuntas orang yang memotong dan menyebarkan luaskan tayangan video Ustadz Abdul Somad. Orang-orang itulah yang sebenarnya membuat kegaduhan dan ingin memecah belah Indonesia dan mengadu domba umat Islam dengan Nasrani.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Batam KH Usman Ahmad mengimbau seluruh masyarakat untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan. Dengan persatuan itu kata dia, Indonesia akan kuat, karena itu pihaknya mengimbau kepada masyarakat Batam untuk menahan diri dan sama-sama saling menghormati.

"Bela agama jangan sampai merusak negara, mari tetap jaga persatuan dan kesatuan," kata Usman.

Ia juga mengajak semua pihak untuk menjaga empat pilar kebangsaan, untuk Indonesia yang aman dan tentram. Empat pilar itu diantaranya adalah Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kapolresta Barelang AKBP Prasetyo Rachmat Purboyo yang turut mengawal aksi bela ulama tersebut juga mengajak semua masyarakat menjaga Batam tetap damai. Terlebih lagi Batam merupakan miniatur Indonesia, semua agama, suku dan budaya ada di kota yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Singapura ini.

"Mari kita jaga kedamaian di Kota Batam. Semua suku agama ada disini. Kita jangan sampai terpecah belah," kata Prasetyo.


Komentar Pembaca