Fahri Hamzah Sindir Mobil Mahal Eksekutif

Nasional  MINGGU, 25 AGUSTUS 2019 | 14:55 WIB | Warni Arwindi

Fahri Hamzah Sindir Mobil Mahal Eksekutif

MoeslimChoice | Presiden Joko Widodo bakal memiliki kendaraan dinas baru. Tunggangan baru itu adalah Mercedes-Benz S600 Guard yang dipilih berdasarkan pertimbangan teknis, antara lain faktor keamanan, keandalan dan efisiensi biaya pemeliharaan yang semakian mahal karena usia pemakaian. Begitu pula para menteri kabinet yang akan mendapat mobil dinas baru pada periode 2019-2024.

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah langsung menyampaikan kritik atas pemilihan mobil asal Jerman tersebut. Bukan karena mobil yang dipilih, melainkan dari pernyataan Jokowi yang menurutnya tidak konsisten. Dia menyinggung penggunaan mobil Kijang Innova yang dulu rutin digunakan Jokowi saat masih aktif menjadi Gubernur DKI Jakarta pada periode Oktober 2012 hingga Oktober 2014.


Jokowi kerap mengaku nyaman dengan mobil Innova yang terbilang lebih murah untuk pejabat penting. Dia bahkan nyaris tidak pernah menggunakan mobil Toyota Land Cruiser yang menjadi kendaraan dinas gubernur.

Di satu sisi, Jokowi juga membangga-banggakan mobil Esemka sejak menjadi walikota solo. Jokowi dengan bangga menyebut mobil itu nyaman dan produksi dalam negeri yang harus dibanggakan.

“Saya rasa Kijang Innova itu bagus... Nyaman dan produksi dalam negeri…,” sindir Fahri di akun Twitter pribadinya.

Kini, Jokowi melupakan kenyamanan kedua mobil tersebut. Dia akan menggunakan Mercedes-Benz S600 Guard sebagai kendaraan dinas kepresidenan.


Komentar Pembaca