Sekitar 43 Ribu dari 231 Ribu Jamaah Haji Telah Kembali

Kabar Tanah Suci  SABTU, 24 AGUSTUS 2019 | 15:55 WIB | Warni Arwindi

Sekitar 43 Ribu dari 231 Ribu Jamaah Haji Telah Kembali

Jamaah yang menunggu pemulangan mengejar arbain di masjid nabawi.

MoeslimChoice | Sepekan pasca pemulangan kelompok terbang pertama jamaah haji dari Jeddah, tercatat lebih dari 43.000 jemaah haji Indonesia sudah berangsur-angsur kembali ke tanah air. Kepala Daerah Kerja Mekkah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2019 Subhan Cholid mengatakan dalam sepekan terakhir, sudah ada 43.011 jemaah haji yang kembali ke Indonesia.

Jamaah dari berbagai embarkasi itu mencakup 105 kelompok terbang (kloter). Sedangkan pemulangan awal berlangsung pada Sabtu lalu, 17/8/19 dan akan berakhir pada September 2019.

"Mereka yang telah diberangkatkan ke Indonesia antara lain berasal dari Batam, Jakarta, Solo, Banjarmasin, Surabaya, Palembang, Lombok, Padang, Makassar, Medan, dan Batam,” sebutnya seperti dilansir dari Antara, Sabtu, 24/8/19.

Secara keseluruhan, Indonesia mendapat 231.000 kuota haji untuk tahun ini. Sebagian jemaah yang masih berada di Arab Saudi tengah menunggu kepulangan di Mekkah, sedangkan sebagian lainnya akan lebih dulu berangkat ke Madinah sebagai gelombang kedua untuk melaksanakan ibadah Arbain atau shalat 40 waktu di Masjid Nabawi.

Para jemaah yang tinggal menunggu kepulangan ke Indonesia termasuk dalam gelombang pertama calon jemaah yang tiba di Arab Saudi. Setelah tiba dari Indonesia, mereka langsung menjalani ibadah Arbain di Madinah dan kemudian bertolak ke Mekkah untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji, meliputi wukuf di Arafah serta mabit Muzdalifah dan Mina (Armuzna).

PPIH juga menyampaikan ada 317 jemaah haji Indonesia yang meninggal dunia ketika tengah menjalankan proses ibadah haji. Mereka terdata wafat di Madinah, Jeddah, Mekkah, Arafah, Muzdalifah, dan Mina.


Komentar Pembaca