Begini Kronologi Baku Tembak Antara Polisi dan KKB di Wamena Papua

Hukum  JUMAT, 23 AGUSTUS 2019 | 22:00 WIB

Begini Kronologi Baku Tembak Antara Polisi dan KKB di Wamena Papua

Moeslimchoice  - Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, baku tembak yang terjadi di wilayah Wamena Papua antara aparat dengan KKB, masyarakat setempat juga sempat diancam KKB.

KKB tersebut merupakan kelompok pimpinan Egianus Kogoya.

“Anggota KKB sempat diminta untuk menyerah dan melemparkan senpi, namun mereka mengacuhkannya. Hingga akhirnya baku tembak pecah,” kata Dedi saat dikonfirmasi, Jumat (23/8).

Menurut Dedi, KKB yang terlibat baku tembak dengan aparat berjumlah lima orang. Dua diantaranya membawa senjata laras panjang.

Satu anggota KKB tewas saat baku tembak berlangsung. Sementara itu, satu aparat dan seorang warga mengalami luka-luka.

“KKB berhasil dilumpuhkan dan barang bukti satu pucuk senpi laras pendek berhasil disita,” jelasnya.

Diketahui, baku tembak aparat kepolisian dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Pasar Ajibama, Kota Wamena, Papua berawal saat beberapa personel Polres Jayawijaya melakukan penyelidikan di daerah tersebut.

“Di saat melakukan penyelidikan ini lah, ditemukan kelompok masyarakat yang membawa senjata. Yang mereka ini diduga adalah KKB,” kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra 

Setelah bertemu kelompok tersebut, sambung Asep, Kapolres Timika AKBP Tony Ananda dan Dandim Timika Letkol Inf Pio L. Nainggolan memerintahkan KKB tersebut untuk menyerahkan diri lantaran mereka berhasil dikepung oleh aparat keamanan.

“Dari himbauan itu, terjadi baku tembak. Yang harusnya mereka menyerahkan diri, melakukan perlawanan,” terang Asep.

Dari baku tembak itu, satu orang KKB berhasil dilakukan tindakan terukur alias tewas ditembak di tempat, dan empat diantaranya berhasil melarikan diri.

“Saat dilakukan pengejaran mereka sambil menembak ke arah petugas,” jelas Asep.

Dan akibat penembakan itu, satu anggota kepolisian tertembak hingga menyebabkan luka, saat ini sedang dilakukan perawatan.

” Yang satu lagi adalah anggota Satpol PP yang pada saat kejadian juga ada di tempat tersebut,” pungkas Asep.

Kamis kemarin, ada laporan warga terjadi letusan senjata api di wilayah Wamena, tepatnya di Pasar Jimawa. Dan kemudian hari ini Polres Jayawijaya melakukan penyelidikan.(Ang)


Komentar Pembaca