India Minta Interpol Keluarkan Red Notice untuk Zakir Naik

Internasional  KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 | 13:34 WIB

India Minta Interpol Keluarkan Red Notice untuk Zakir Naik

Zakir Naik

MoeslimChoice | India mendorong Interpol membuat red-corner notice untuk ulama Zakir Naik yang berstatus permanent resident di Malaysia. Seperti dikutip dari Hindustan Times, dan dilansir media lokal Malaysia, Free Malaysia Today, Kamis, 22/8/2019, Direktorat Penegakan Hukum India (ED) mendorong Interpol segera merilis red-corner notice (RCN) terhadap Zakir Naik.

Menurut sejumlah sumber ED yang dikutip Hindustan Times, Zakir diburu otoritas India sejak 2016 dengan dakwaan pencucian uang dan menghasut ekstremisme melalui ujaran kebencian. Pihak ED memiliki surat perintah penangkapan tanpa jaminan atau NBW untuk Zakir yang beberapa tahun terakhir tinggal di Malaysia.

"RCN akan menjadi tindakan selanjutnya," kata sumber ED tersebut.

Atas hal itu, Zakir menolak ke India dengan alasan tidak akan mendapatkan persidangan yang adil di bawah pemerintahan India, dengan Perdana Menteri Narendra Modi.

Seperti diketahui, Zakir memicu polemik di Malaysia melalui komentar kontroversialnya soal warga Hindu dan etnis China di negara tersebut. Seruan deportasi terhadap Zakir kemudian marak. Kepolisian Malaysia memeriksa Zakir atas dugaan melakukan provokasi untuk merusak perdamaian.

 


Komentar Pembaca