Innalillahi, Pemusik dan Penyair Legendaris Bollywood Khayyam Meninggal Dunia

Bollywood  SELASA, 20 AGUSTUS 2019 | 16:53 WIB

Innalillahi, Pemusik dan Penyair Legendaris Bollywood Khayyam Meninggal Dunia

foto/net

"Kabhi kabhi mere dil mein khayaal aata hai, Kabhi kabhi mere dil mein khayaal aata hai, Ki jaise tujhko banaya gaya hai mere liye, Ki jaise tujhko banaya gaya hai mere liye

Tu abse pehle sitaaron mein bas rahi thi kahin,Tu abse pehle sitaaron mein bas rahi thi kahin
Tujhe zameen pe bulaya gaya hai mere liye, Tujhe zameen pe bulaya gaya hai mere liye ..."

Moeslimchoice. Siapa yang tak mengenal lagu asal Tanah Hindustan yang melegenda tersebut? Itulah sepenggal lirik dari lagu berjudul Kabhi Kabhie Mere Dil Mein yang merupakan soundtrack dari film yang box-office, Kabhi Kabhie (1976) yang dibintangi sederet bintang papan atas Bollywood era itu, seperti Amitabh Bachchan, Shashi Kapoor dan Raakhe.

Lagu yang sangat populer kala itu, yang dinyanyikan oleh penyanyi legendaris, Lata Mangeshkar (versi wanita) dan Mukesh (versi pria) tak lain merupakan lagu karya pemusik dan penyair ternama Khayyam.  

Pemusik legendaris yang bernama panjang Mohammed Zahur Khayyam Hashmi, kemarin, Senin (19/8) telah menghembuskan nafas terakhir di rumah sakit Sujay, Mumbai pada pukul 21.30 waktu setempat. Khayyam meninggal dalam usia 92 tahun karena menderita penyakit paru-paru, yang diikuti serangan jantung.

Beberapa hari sebelumnya, peraih Filmfare Lifetime Achievement Awards di tahun 2010 itu juga pernah dilarikan ke rumah sakit karena masalah pernafasan dan penyakit tua lainnya.

Pria kelahiran Punjab, 18 Februari 1927 ini mengawali karirnya di dunia musik di usia 17 tahun. Berkat ketekunan dan kerja kerasnya, Khayyam berhasil menjadi penata musik ternama di Bollywood. Lagu yang menjadi debutnya di Bollywood yaitu Akele mein wo ghabrate to Honge (soundtrack film Biwi/1950) yang dinyanyikan oleh Mohammad Rafi meraih hits.  

Sejak saat itu, karirnya terus melesat di Bollywood. Musik dari lagu-lagu yang diciptakannya banyak meraih sukses. Hingga beberapa penghargaanpun ia kantongi, di antaranya Filmfare Award, National Award, Sangeet Natak Academy Award, hingga penghargaan dari pemerintah India, yakni Padma Bhushan.

Di antara lagu-lagu karyanya yang populer adalah dari soundtrack film-film seperti Shola Aur Shabnam (1961), Kabhi Kabhie (1977), Trisul (1978), Noorie (1979), Thodisi Bewafaii (1980), Dard (1981), Umrao Jaan (1981), Razia Sultan (1983), Ek Naya Rishta (1988) dan banyak lagi.  

Beberapa selebriti Bollywood, seperti Amitabh Bachchan, Javed Akhtar, Adnan Sami, Ayushman Khurrana hingga Sonam Kapoor, serta politisi seperti Perdana Menteri India, Narendra Modi, berduka atas meninggalnya penata musik legendaris yang meninggalkan warisan besar tersebut. [mel] 


Komentar Pembaca