Pesan HUT Ke 74 RI dari Presiden: Jaga Kesatuan dan Persatuan

Nasional  SABTU, 17 AGUSTUS 2019 | 13:30 WIB | Warni Arwindi

Pesan HUT Ke 74 RI dari Presiden: Jaga Kesatuan dan Persatuan

MoeslimChoice | Presiden Joko Widodo menyampaikan pesan persatuan pada peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-74 di halaman Istana Merdeka. Menurut dia, keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia adalah harga mati yang harus dijaga dan ditempatkan di tempat yang paling penting.

Pada hari yang berbahagia ini, kata Jokowi, ia ingin mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-74 tahun. Tak hanya itu, dia mengungkapkan pesta demokrasi yang telah berlangsung di Indonesia mulai dari pemilihan wali kota, bupati, gubernur, hingga presiden, "Jangan sampai merusak kesatuan dan persatuan Indonesia."

Di acara peringatan HUT Ke-74 RI, Sabtu, 17/8/19 ini, semangat persatuan tersebut juga ditunjukkan dengan konsistensi Jokowi dalam mengenakan pakaian daerah berbagai provinsi dan suku yang ada di Indonesia. Jokowi yang datang bersama cucunya, Jan Ethes dan anak sulungnya, Gibran Rakabuming Raka ini kompak mengenakan setelan adat Bali.

Jokowi mengenakan baju yang didominasi warga gelap, Gibran memakai baju warna putih, dan Ethes memakai baju berwarna kuning, lengkap dengan ikat kepalanya. Sedangkan Ibu Iriana Joko Widodo yang mengenakan pakaian adat dari Suku Batak dengan dominasi warna merah.

"Kita kan sudah lima tahun ini sudah ganti-ganti [pakaian adat]. Dulu pernah Aceh, Sumatera Barat, pernah Kalimantan Selatan, pernah Sunda, Hawa, Betawi kemudian ke sana Bali, Sasak, Bugis pernah semua," ujarnya ringan.

Tahun lalu, Jokowi mengenakan pakaian adat dari Provinsi Aceh ketika menghadiri Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-73. Tahun depan kita tunggu.


Komentar Pembaca