Pansus Wagub DKI: Tugas Kami Sudah Selesai

Polhukam  SENIN, 12 AGUSTUS 2019 | 09:56 WIB

Pansus Wagub DKI: Tugas Kami Sudah Selesai

Bestari Barus (kiri) dan Anies Baswedan (kanan)

MoeslimChoice | Wakil Ketua Panitia Khusus Tata Tertib Pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Bestari Barus, menyebut, pansus telah menyelesaikan pekerjaannya dalam proses pemilihan Wagub DKI Jakarta.

Hal itu menampik tudingan Gubernur Anies Baswedan, yang menyatakan bahwa pansus harus bertanggung jawab karena belum menyelesaikan tugas.

Menurut Bestari, pernyataan tersebut merupakan pandangan subjektif Anies sebagai Gubernur.

Kata dia, pansus telah selesai dan proses pemilihan Wagub DKI Jakarta sepenuhnya menunggu jadwal Rapat Pimpinan Gabungan (Rapimgab).

"Dan kalau ranah Rapimgab (rapat pimpinan gabungan) itu bukan di Pansus. Pansus tidak bisa mengagendakan Rapimgab. Yang mengagendakan Rapimgab itu pimpinan," tutur Bestari saat dihubungi wartawan, Minggu (11/8/2019).

Bestari menyarankan, seharusnya Anies bisa memanfaatkan ruang kekosongan kursi Wagub dengan menjadi 'pahlawan' atas solusi dan inovasi dalam menyelesaikan permasalahan ibu kota yang dinilainya sangat kompleks.

"Ini kesempatan beliau," ujarnya.

Politikus Partai NasDem itu pesimistis proses pemilihan Wagub akan selesai di masa jabatan dewan sekarang ini. Apalagi, panitia pemilihan sampai saat ini juga belum terbentuk.

"Sepertinya sangat sempit waktunya. Kemungkinan besar di periode yang akan datang," tukas Bestari.

Diketahui, sampai saat ini pemilihan Wagub masih mandek di Rapimgab, yakni antara dewan dan sekretaris dewan. Rapimgab belum menemukan jadwal yang cocok untuk menggelar rapat bersama.

Hingga kini, sudah dua nama calon Wagub yang akan dipilih, yakni Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto.

Keduanya sudah melewati sejumlah uji kepatutan dan kelaikan serta sudah mendapat rekomendasi dari Anies.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyebut bahwa Panitia Khusus (Pansus) DPRD DKI Jakarta bertanggung jawab dalam proses pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Menurut Anies, Pansus belum selesai melaksanakan tugasnya. Ia juga mengatakan jangan sampai nantinya pansus tercatat dalam sejarah sebagai pansus yang gagal dalam menyelesaiakan tugasnya.

"Jangan sampai nanti pansus tercatat dalam sejarah sebagai pansus yang gagal menyelesaikan tugasnya, karena anggota Dewan yang lain tentu menunggu dari pansus," ujar Anies di kediamannya, Lebak Bulus, Jakarta, Minggu (11/8/2019).

Anies menambahkan, setelah pansus menyelesaikan tugasnya, Dewan akan melanjutkan proses pemilihan Wakil Gubernur.

Kendati demikian, Anies percaya bahwa DPRD DKI Jakarta segera memilih Wagub pengganti Sandiaga Uno.

"Kita tunggu saja, saya percaya dewan tuntaskan segera," tuturnya. [yhr]


Komentar Pembaca