Gerindra Tentukan Gabung Koalisi atau Oposisi di Munas

Polhukam  SABTU, 10 AGUSTUS 2019 | 08:20 WIB | Warni Arwindi

Gerindra Tentukan Gabung Koalisi atau Oposisi di Munas

MoeslimChoice | Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra Riza Patria mengungkapkan, partainya akan menentukan keputusan terkait pilihan politik yang akan diambil selama lima tahun ke depan. Pembahasan tersebut akan berlangsung dalam Musyawarah Nasional (Munas) Gerindra bersamaan dengan pembahasan evaluasi pemilihan legislatif sampai pemilihan kepala daerah.

Menurut Riza, pembahasan mengenai apakah Gerindra akan menjadi bagian dari pemerintah atau oposisi merupakan hak dan kewenangan Ketua Umum. Namun, dari banyak kasus soal pilihan partai, Riza mengaku Prabowo selalu mengajak para pejabat partai untuk bermusyawarah.

"Sampai saat ini kita belum bicara soal koalisi atau oposisi, kami di internal juga belum mendiskusikan hal itu, mungkin di bulan September kami ada event nasional untuk mendiskusikannya, melakukan evaluasi Pileg 2019, mungkin persiapan Pilkada 2020 dan yang ketiga agendanya termasuk apakah Gerindra akan ada di posisi pemerintah atau di oposisi," ungkapnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Jumat, 9/8/19.

"Pak Prabowo adalah orang yang bijaksana, sekali pun kami memberikan kewenangan prerogatif penuh pada beliau, beliau selalu ingin (yang) memutuskan semua. Jangan yang substansi, yang kecil saja Pak Prabowo selalu berdiskusi meminta pendapat," ujarnya

Mengenai apakah sudah ada tawaran soal jatah menteri, Riza mengatakan, Gerindra belum sampai ke tahap tersebut. "Kita belum membahas menteri, belum membahas koalisi oposisi, apalagi jumlah menteri, apalagi jumlah menteri yang mana, apalagi orang-orangnya," terang dia.

Riza bilang, semua partai mulai dari PDIP sampai partai Hanura pun saling berkompetensi melakukan evaluasi untuk mendapatkan jatah kursi menteri. Tak hanya evasluasi di partai koalisi, ia juga menjelaskan, perbaikan terus dilakukan di partai-partai kubu oposisi.

"Dan semua di internal apakah Gerindra, Demokrat, PAN, dan PKS yang ada di koalisi Indonesia Adil dan Makmur juga melakukan evaluasi dan acara event nasional, masing-masing dan mereka semua Gerindra, PKS, PAN dan Demokrat segera memutuskan posisinya apakah ada di pemerintah atau di luar pemerintah," tandas dia.


Komentar Pembaca