Kepulauan Seribu Kena Dampak Tumpahan Minyak Pertamina

Daerah  RABU, 31 JULI 2019 | 02:12 WIB | Ida Iryani

Kepulauan Seribu Kena Dampak Tumpahan Minyak Pertamina

Bupati Husein Murad meninjau lokasi tumpahan minyak.

MoeslimChoice | Sejumlah pulau di Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, ikut terdampak tumpahan minyak mentah PT Pertamina di perairan utara Karawang, Jawa Barat. Setidaknya, tujuh pulau di Kecamatan Kepualauan Seribu Selatan sudah tercemar tumpahan minyak berbentuk gumpalan.

Pulau-pulau itu antara lain Untung Jawa dan Pulau Rambut, Onrust, dan Pulau Kelor. Tak ketinggalan kawasan wisata Pulau Bidadari, Bokor dan Ayer. juga sudah terkena limbah minyak.

"Sejak Selasa,  23/7/19 lalu memang sudah ada tumpaham minyak. Pulau Untung Jawa dan Pulau Rambut menjadi yang terparah di antara pulau lainnya," kata Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad, Selasa, 30/7/19.

Namun, lanjutnya,  petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU dibantu dua kapal milik Pertamina juga sudah melakukan pembersihan dengan jaring dan karung. Husein bilang, tumpahan minyak yang menggumpal ketika di air memudahkan para petugas untuk melakukan proses penjaringan.

"Begitu kelihatan kan langsung kita jaring. PPSU kita ada 78 orang sehingga siap siaga ketika melakukan pembersihan di pulau-pulau yang terdampak," sambungnya.

Namun Bupati Husein belum punya data terkait kerusakan ekosistem akibat tumpahan minyak ini. "Sampai saat ini belum ada laporan kerusakan ekositem dan belum ada penemuan ikan mati akibat tumpahan," kata dia.

Sedangkan data pembersihan yang dilakukan petugas di Kepulauan Seribu, sebanyak 1.470 karung limbah minyak atau pek berhasil diangkut dari empat pulau, yakni Pulau Bakor, Pulau Rambut, Pulau Untung Jawa dan Pulau Ayer.

Selama sepekan terakhir, kata Husein, 32 karung tumpahan minyak berhasil diangkut di kawasan Pulau Bakor. Sedangkan untuk Pulau Rambut, sebanyak 613 karung berhasil diangkut

Kemudian untuk Pulau Untung Jawa, sebanyak 800 karung. Sedangkan dari Pulau Ayer 25 karung tumpahan minyak berhasil diangkut.


Komentar Pembaca