Pengunjuk Rasa Hongkong Bentrok dengan Polisi

Internasional  MINGGU, 21 JULI 2019 | 23:17 WIB | Sugiharta Yunanto

Pengunjuk Rasa Hongkong Bentrok dengan Polisi

Unjuk rasa di Hongkong

MoeslimChoice | Bentrokan terjadi ketika ratusan ribu demonstran anti-pemerintah turun ke jalan-jalan Hong Kong pada akhir pekan ini. Minggu, 21/7/19. Polisi anti huru-hara bersenjatakan tongkat dan perisai menembakkan gas air mata untuk membubarkan kerumunan massa ketika para demonstran berlari ke arah polisi.

Seorang demonstran kemudian melemparkan botol ke polisi yang dibalas dengan bom asap serta gas air mata oleh para petugas. Ratusan pengunjuk rasa pun kemudian lari tunggang langgang akibat semburan gas itu.

Bentrokan terjadi setelah para demonstran menentang perintah polisi untuk menjaga batas-batas unjuk rasa mereka. Menurut pihak kepolisian Hong Kong, seperti dimuat The Guardian, demonstran mengabaikan tuntutan polisi untuk mengakhiri aksi sebelum mencapai wilayah jantung distrik bisnis di Hong Kong. Demonstran terus bergerak maju bahkan hingga ke dekat kantor penghubung Hong Kong-China.

Pihak penyelenggara aksi memperkirakan bahwa sekitar 430 ribu orang ambil bagian dalam aksi yang digelar setiap akhir pekan sejak tujuh pekan lalu. Aksi itu dimotori oleh semangat penentangan warga terjadap pemerintah atas RUU ekstradisi yang memungkinkan tahanan Hong Kong diadili di China. Namun RUU itu kini telah dibatalkan.

Meski begitu, demonstrasi tidak juga mereda, dan justru semakin besar dengan semngat baru yakni gerakan demokrasi yang lebih luas di Hong Kong. Bagaimana pekan depan?


Komentar Pembaca