Anies Baswedan Perpanjangan Masa Jabatan Sekda DKI

Daerah  MINGGU, 21 JULI 2019 | 20:00 WIB

Anies Baswedan Perpanjangan Masa Jabatan Sekda DKI

Moeslimchoice- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyampaikan perpanjangan masa jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) DKI atas penilaiannya dan memberikan rekomendasi ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) atas perpanjangan masa kerja Sekda, Saefullah.

Anies menuturkan, selama ini hasil kinerja Saefullah sebagai Sekda DKI sangat baik. Dia menginginkan, dengan perpanjangan masa jabatan, Saefullah diharapkan kinerjanya juga semakin membaik untuk lima tahun ke depan.

Anies merasa dengan perpanjangan masa tugas Saefullah, bisa membuat pemerintahan berjalan dengan baik. Kemudian dia mengharapkan peran Saefullah, agar semakin banyak melibatkan masyarakat khususnya dalam pembangunan di Jakarta.

“Insya Allah roda pelayanan untuk masyarakat, roda kegiatan kolaborasi dengan masyarakat bisa berjalan terus dengan baik,” ujar Anies di sela-sela acara Festival Lebaran Betawi ke-12 di Silang Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (21/7/2019).

Menurut Anies, itulah yang menjadi alasan mengapa dirinya kembali mengajukan perpanjangan masa jabatan Saefullah ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Memang diperpanjang, jadi kita berharap nanti pak sekda terus bisa menjalankan tugasnya dengan baik, sejauh ini beliau juga menjalankan tugasnya dengan baik,” tuturnya.

Diberitahukan, Saefullah sudah menjabat selama tepat 5 tahun setelah dilantik menjadi Sekda DKI pada 17 Juli 2014. Saefullah diperpanjang masa jabatannya. Sejak menjabat pada masa Gubernur DKI Joko Widodo (Jokowi), jasanya juga dipakai pada masa Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok. Masa jabatan Saefullah seharusnya sudah habis pada 17 Juli 2019 kemarin.

Jabatan Saefullah kini akan diperpanjang selama lima tahun ke depan. Anies mengatakan bahwa selama lima tahun dipegang kendali oleh Saefullah, Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov DKI berjalan dengan baik. Sehingga perpanjangan masa kerja Saefullah dianggap tepat.

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI, Chaidir, menjelaskan proses perpanjangan jabatan Saefullah sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Pak Gubernur ajukan,  lima tahun. Nggak bunyi paling lama. Masih bisa digunakan kembali dalam periode ke depan. Masa periode sudah masuk lima tahun tapi bisa didayagunakan lima tahun ke depan,” terang Chaidir saat dihubungi, Rabu 17 Juli, lalu.

Menurutnya untuk perpanjangan masa kerja Saefullah bahkan surat dari Kemendagri sudah turun. Dan proses tersebut telah sesuai aturan.

“Jadi bunyinya, berdasarkan ketentuan Pasal 117 UU Nomor 15 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara ditegaskan bahwa jabatan pimpinan tinggi hanya dapat diduduki paling lama lima tahun, dan dapat diperpanjang berdasarkan pencapaian kinerja kesesuaian kompetensi dan kebutuhan instansi yang telah dapat persetujuan dinas kepegawaian dan berkoordinasi dengan KSN,” tutupnya.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebelumnya menyetujui perpanjangan jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah. Perpanjangan itu berdasarkan atas rekomendasi dari Anies.(Ang)


Komentar Pembaca