Ini Wilayah yang Menjadi Tempat Berkembangnya Kelompok Jamaah Islamiyah

Hukum  SELASA, 16 JULI 2019 | 21:00 WIB

Ini Wilayah yang Menjadi Tempat Berkembangnya Kelompok Jamaah Islamiyah

Moeslimchoice-Kelompok teroris Jamaah Islamiyah (JI) selama ini berkembang cukup pesat di Tanah Air. Berdasarkan keterangan polisi, Jawa Barat sebagai salah satu wilayah pusat kekuasan Jamaah Islamiyah beroperasi.

Wilayah lain yang menjadi tempat berkembangnya JI yakni Jawa Tengah dan sebagian Jawa Timur.

Karopenmas Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyomengungkapkan kelompok J juga menerabas daerah-daerah di luar pulau Jawa, seperti Kalimantan, Sumatera dan Sulawesi. Namun di pulau-pulau tersebut pengaruh Jamaah Islamiyah masih sedikit.

"Mereka ini bisa menembus hingga ke Papua Barat," ungkap Dedi kepada wartawan di Jakarta, Selasa (16/7).

Menurut Dedi, untuk menyebarkan paham yang dianutnya, kelompok JI juga melakukan pendekatan ke majelis-majelis pengajian.

Selain itu, jaringan JI menyebarkan propaganda melalui media massa yang dimiliki kelompok tersebut.

"Dia punya media sendiri. Ada beberapa media yang tidak terdaftar di Dewan Pers digunakan untuk propaganda dan menyebarkan narasi-narasi," ucap dia.

Jaringan JI tidak terlalu mengeksploitasi diri. Namun, mereka fokus pada perekrutan anggota sebagai bentuk penguatan oraganisasi.

"Mereka enggak harus merekrut dari sisi secara kuantitas, tetapi secara kualitas jauh lebih dibutuhkan mereka," ujar dia.

Diketahui, Densus 88 mengamankan lima petinggi kelompok JI yang berafiliasi dengan kelompok teroris global, Al Qaeda. Kelima orang yang ditangkap berinisial PW alias Abang, MY, BS, A, dan BT. Mereka ditangkap pada 29-30 Juni 2019, di daerah Bekasi, Jawa Barat, hingga Ponorogo, Jawa Timur.

Setelah itu, tim mengamankan SA yang diduga sebagai bendahara di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, pada 3 Juli 2019. Kelompok ini mengembangkan perkebunan sawit sebagai sumber dana untuk kebutuhan operasional hingga menggaji petinggi organisasi.(Ang)


Komentar Pembaca