PD Dharma Jaya Antisipasi Lonjakan Permintaan Hewan Kurban

Ekonomi  RABU, 10 JULI 2019 | 10:10 WIB | Warni Arwindi

PD Dharma Jaya Antisipasi Lonjakan Permintaan Hewan Kurban

MoeslimChoice | PD Dharma Jaya, badan usaha milik Pemprov DKI Jakarta, mengantisipasi kenaikan jumlah pemesanan hewan kurban pada Idul Adha 1440 Hijryah pada 2019 dibandingkan dengan angka tahun sebelumnya. Hari Idul Adha atau Idul Qurban tahun ini diperkirakan jatuh pada pekan kedua Agustus 2019.

Kepala Divisi Pemasaran PD Dharma Jaya Syaiful Anwar menyebutkan, hingga Selasa, 9/7/19 tercatat sekitar 1.500 ekor sapi sudah terjual di salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta tersebut. "Penghitungan akhir, tahun lalu tercatat 3.000-an yang terjual. Dan sejauh ini sudah 1.500, sudah setengahnya lah ya (dari tahun lalu). Ini masih jenis sapi, belum domba dan kambing," ujar Syaiful.

Menurut dia, pola penjualan hewan kurban di Dharma Jaya, turut mempermudah penghitungan penjualan sebelum Idul Adha. Pola penjualan yang Syaiful anggap mempermudah adalah banyak calon pembeli yang sudah memberikan DP (down payment) atas hewan kurban yang akan dibeli.

"Pola penjualan bila dibandingkan dengan tahun lalu tidak ada perubahan yg signifikan sih, sama saja. Cuma sekarang itu orang-orang sudah bisa ngasih DP, jadi proses penghitungan kita bisa lebih cepat gitu," tambah dia.

Bagaimana pun, Syaiful masih belum bisa memberikan angka pasti atas target penjualan hewan kurban di Idul Adha tahun ini. Sebab penghitungan final baru bisa dilakukan selepas perayaan Idul Adha. Namun, ia optimistik penjualan hewan kurban di Dharma Jaya dapat mengalami peningkatan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.


Komentar Pembaca