Kenali "Semut Charlie" yang Sedang Viral

Kesehatan  SENIN, 24 JUNI 2019 | 15:22 WIB

Kenali

"Semut Charlie" alias Tomcat

MoeslimChoice | Pesan berantai tentang "semut charlie" ramai dibahas di broadcsat dan menjadi viral. Serangga ini konon meninggalkan bekas gigitan yang cukup parah sehingga disarankan untuk tidak berhubungan dengan "semut charlie".

Ingin tahu lebih lanjut tentang "semut charlie"? berikut ulasannya. Serangga ini umumnya dikenal dengan nama tomcat atau rove beetle alias kumbang rove. Serangga ini juga kerap disebut semut kayap atau semut charlie.

Dosen epidemiologi di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Dr Tri Yunis Miko, W, MSc, mengatakan, setiap serangga memiliki peran dalam penularan penyakit termasuk tomcat. Terlebih serangga ini memiliki racun yang bisa menimbulkan reaksi di kulit.

Tri menambahkan, saat seseorang terkena racun dari semut charlie atau tomcat maka secepatnya dibersihkan lalu diberikan obat anti alergi seperti salep hydrocortisone atau betametasone supaya reaksi yang muncul tidak berlebihan.

"Reaksi yang ditimbulkan di tubuh korban berbeda. Untuk yang tidak alergi mungkin hanya menimbulkan merah sedikit saja. Namun jika korban memiliki reaksi alergi berlebihan atau sensitif tinggi terhadap alergen, maka perlu ditangai secepatnya," paparnya.

 


Komentar Pembaca