Kemenag Lantik 42 ASN dengan Jabatan Fungsional Perencana

Nasional  SELASA, 18 JUNI 2019 | 16:00 WIB

Kemenag Lantik 42 ASN dengan Jabatan Fungsional Perencana

Foto/net

Moeslimchoice. Kementerian Agama hari ini melantik 42 ASN dengan Jabatan Fungsional Perencana (JFP) di lingkungan Kementerian Agama Tahun 2019. Prosesi pelantikan, penandatanganan berita acara dan pengambilan sumpah jabatan digelar di Kantor Kemenag Jalan Lapangan Banteng Barat No 3-4, Jakarta Pusat, Selasa (18/6).

Perencana Madya, Muda, dan Pertama ini dilantik Sekjen Kemenag M Nur Kholis Setiawan. Pelantikan puluhan JFP ini berdasarkan KMA Nomor B. Ii/3/17182 s.d 18521 tahun 2019. Turut menjadi saksi saat penandatanganan berita acara, Kepala Biro Kepegawaian Saefuddin dan Kepala Biro Perencanaan Kemenag, Ali Rokhmad. 

Sekjen M Nur Kholis Setiawan mengatakan, istilah perencana atau pekerjaan merencanakan terlihat sederhana tapi tidak sesederhana yang dilakukan. 

"Sebab Kementerian Agama dengan satuan kerja tidak kurang dari 4590 dan jumlah DIPA 6800, tentu tingkat kompleksitas dan tantangannya berbeda dengan kementerian/lembaga lainnya," kata Sekjen.

"Biro perencanaa bukanlah super body atau makluk super yang mampu menelisik terkait seluruh program dan perencanaan khususnya dalam anggaran, revisi dan persiapan ditahun-tahun mendatang," sambungnya.

Apa yang dilakukan oleh Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kemenag, lanjut Sekjen, adalah mengembangkan pola Top Down dan Botton Up. Itu merupakan sinergi yang tepat dan mesti dilakukan. Karena yang mengetahui kebutuhan dan situasi riil adalah teman-teman yang ada di daerah.

"Gerak ganda yang dilakukan Sekretariat Jenderal Kementerian Agama melalui Biro Perencanaan bersama keberadaan saudara sekalian di masing-masing satuan kerja menjadi sangat penting untuk mampu mewujudkan sinergitas sekaligus mampu merencakan program dan kegiatan yang langsung berdampak terhadap masyarakat yang kita layani," kata Sekjen.

Ia menambahkan, pengukuhan adalah awal dari sebuah pengabdian dan tugas yang akan diemban sekaligus komitemen awal untuk bisa melaksanakan tugas sebaik-baiknya sebagai bagian dari keluarga besar Kementerian Agama.

"Selamat atas pelantikan ini. Paradigma yang sekarang dikembangkan tidak lagi terlalu berbeda antara jabatan fungsional dengan jabatan struktural. Kedepan negara ini makin melihat pada jabatan jabatan fungsional, karena jabatan ini jelas sesuai dengan kehalian dan kompetensi yang akan berdampak sangat signifikat pada pembangunan kedepan," tegas Sekjen  

Usai dilantik dan disumpah jabatan,  para pemangku Jabatan Fungsional Perencana mendapat ucapan selamat dari Sekjen Kemenag M Nur Kholis Setiawan. Selama memangku jabatan, Perencana Madya, Muda dan Perencana Pertama akan diberikan tunjangan jabatan sesuai Peraturan Presiden Nomor 44 tahun 2007. [mel]


Komentar Pembaca