Ini Bukti Allah SWT Menolong Persoalan Rumit dengan Hal Sepele

Kajian  JUMAT, 14 JUNI 2019 | 22:00 WIB

Ini Bukti Allah SWT Menolong Persoalan Rumit dengan Hal Sepele

Moeslimchoice- Terkadang manusia tidak menyadari, Allah SWT telah menyelamatkan atau menyelesaikan persoalan-persoalan besar dengan solusi-solusi yang sepele.

Banyak di dalam Alquran kisah-kisah terkait masalah yang menimpa nabi-nabi terdahulu terselesaikan dengan solusi yang remeh-temeh.

Salah satunya adalah terkait fitnah yang menimpa Nabi Yusuf. Masalah yang besar itu, oleh Allah SWT diselesaikan hanya dengan robeknya baju Yusuf dibagian belakangnya.

Yang mana robekan itu menjadi bukti Nabi Yusuf tidak pernah melakukan perbuatan hina seperti yang difitnahkan.

Maka ketika dia (suami perempuan itu) melihat baju gamisnya (Yusuf) koyak di bagian belakang, dia berkata, ‘Sesungguhnya ini adalah tipu dayamu. Tipu dayamu benar-benar hebat."(QS.Yusuf:28)

Kisah lain di dalam Alquran adalah ketika Allah Menyelamatkan Nabi Muhammad saw dengan jaring laba-laba. Kisahnya berawal ketika Nabi Muhammad dan Abu Bakar tengah diburu oleh orang-orang Quraisy yang ingin membunuhnya. Nabi dan Abu Bakar pun bersembunyi di sebuah gua. Peristiwa tersebut diabadikan dalam Alquran, tepatnya di surah at-Taubah ayat 40.

Jikalau kalian tidak menolongnya (Muhammad), sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir (musyrik Makkah) mengusirnya (dari Makkah), sedangkan dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada di dalam gua, di waktu dia berkata kepada temannya, 'Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah beserta kita'. Maka, Allah menurunkan ketenangannya kepadanya (Muhammad) dan membantunya dengan tentara yang tidak kalian lihat dan Allah menjadikan seruan orang-orang kafir itulah yang rendah dan kalimat Allah itulah yang tinggi. Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Lain lagi dengan peristiwa tujuh pemuda yang tidur di dalam gua.

Alquran menceritakan bahwa warga sekitar mengetahui bahwa pemuda tersebut hidup 300 tahun dari uang yang dibawanya saat membeli makanan.

Maka suruhlah salah seorang di antara kamu pergi ke kota dengan membawa uang perak kamu ini, dan hendaklah dia lihat manakah makanan yang paling baik (yakni yang bersih dan halal), maka hendaklah dia membawa makanan itu untuk kamu, dan hendaklah dia berlaku lemah lembut dan janganlah sekali-kali menceritakan hal kamu kepada seseorang pun. Sesungguhnya jika mereka dapat mengetahui tempatmu, nescaya mereka akan melempar kamu dengan batu, atau memaksamu kembali kepada agama mereka, dan jika demikian niscaya kamu tidak akan beruntung selama-lamanya. (Al-Kahfi; Ayat 19-20)

Masih banyak lagi kisah-kisah lainnya di dalam Alquran bagaimana Allah SWT menyelesaikan masalah-masalah yang dianggap rumit, justru dengan solusi-solusi yang sepele.(Ang)

 


Komentar Pembaca
Sup dan Kepiting

Sup dan Kepiting

25 Jun, 2019 | 06:44

Makan Keong, Halal atau Haram?

Makan Keong, Halal atau Haram?

24 Jun, 2019 | 15:10

Margonda, Sang Legenda Revolusi

Margonda, Sang Legenda Revolusi

24 Jun, 2019 | 12:05

24 Juni: Wafatnya Cornelis de Jonge
Restoran Politik

Restoran Politik

24 Jun, 2019 | 05:06

Ini Doa yang Harus Sering Dibaca oleh Seorang Mualaf