Tips Cegah Hipertensi Saat Mudik

Kesehatan  SENIN, 03 JUNI 2019 | 13:03 WIB

Tips Cegah Hipertensi Saat Mudik

Ilustrasi pemeriksaan tekanan darah

MoeslimChoice | Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan menerima laporan penyakit dari 923 pos kesehatan mudik dari seluruh Indonesia. Berdasarkan data tersebut, Hipertensi menduduki posisi kedua yang dialami pemudik.

Menurut Dr Sharman, 80 hingga 90 persen kasus hipertensi dapat dicegah. Berikut sejumlah cara yang direkomendasikan menghindari hipertensi selama perjalanan mudik:

1. Mengganti pola makan dengan makan sehat
Asupan garam menjadi satu penyebab hipertensi. Dr Sharman mengatakan, semakin tinggi konsumsi garam, semakin banyak cairan yang ditahan oleh tubuh.

Ia menyarankan membatasi asupan garam tidak lebih dari satu setengah sendok teh dalam sehari. Selan itu hindari pula makanan olahan, saus, dan makanan cepat saji karena mengandung banyak garam.

2. Perbanyak aktivitas fisik

Dr Sharman menyebut rutin berolahraga dapat memperbaiki struktur dan fungsi arteri serta jantung. Ia menganjurkan untuk beristirahat 4 jam sekali apabila mudik menggunakan kendaraan sendiri. Gunakan waktu untuk meregangkan tubuh, memperbanyak aktivitas tubuh saat beristirahat.

3. Kelola stres

Mudik sudah pasti identik dengan macet, yang sangat mungkin memicu terjadinya stres. Stres dapat menaikkan tekanan darah sementara, namun jika stres ini tidak segera dikelola dengan baik, bisa menyebabkan kerusakan jangka panjang pada pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Agar tidak stres, kamu bisa mendengarkan lagu favorit saat perjalanan mudik untuk mengalihkan pikiranmu, atau belajar teknik relaksasi lewat pernapasan, saat ditanya "Kapan lulus?"

4. Rutin mengecek tekanan darah

Rutin mengecek tekanan darah sangat penting untuk menjaganya tetap stabil. Kamu bisa mengeceknya ke puskesmas terdekat atau membeli peralatan tes tekanan darah sendiri di rumah. Namun sebelum membelinya, perhatikan bahwa alat yang kamu beli adalah alat yagn tervalidasi sehingga pembacaannya akurat dan dapat diandalkan.


5. Berhenti merokok

Merokok dapat memperburuk mereka yang memiliki riwayat hipertensi di dalam keluarganya. Orang dengan riwayat hipertensi sangat disarankan untuk menghindari semua faktor risiko agar dapat mencegah penyakit tersebut muncul juga di dalam dirinya.

 

 

 


Komentar Pembaca