14 Lokasi Wisata di Indramayu yang Sayang Dilewati Saat Mudik

Wisata  KAMIS, 16 MEI 2019 | 10:02 WIB

14 Lokasi Wisata di Indramayu yang Sayang Dilewati Saat Mudik

Kota Indramayu, Jawa Barat

MoeslimChoice | Mudik saat perayaan Idul Fitri atau Lebaran sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia. Wilayah Indramayu, Jawa Barat, menjadi daerah yang kerap dilintasi para pemudik yang menggunakan jalur Pantura.

Di Kota Mangga, julukan untuk Indramayu, ada banyak destinasi wisata yang indah dan sayang dilewati ketika berada di kota ini. Coba melipir sejenak, mengabadikan lokasi wisata tersebut bersama keluarga tercinta.

Berikut ulasan singkat 17 lokasi wisata tersebut:  

1. Jembatan Terusan

Jembatan Terusan di Sindang, Kabupaten Indramayu ini merupakan ikon baru kota Indramayu. Dengan panjang mencapai 153 M dan lebar 7 M, jembatan ini menjadi tempat favorit baru untuk selfie dan nongkrong anak muda dari berbagai wilayah.

Meski jembatan ini banyak dijadikan backround foto, namun untuk menghasilkan foto cantik perlu ekstra hati-hati. Sebab padatnya kendaraan yang lalu lalang turut menambah adrenalin bila mengambil capture disana.


2. Randu Gede

Pohon Randu Gede di Margadadi, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat ini dikenal sebagai pohon mistis. Pohon ini diperkirakan berusia ribuan tahun dengan diameter berksisar 20 M dan tinggi berkisar 100 M.

Masyarakat setempat menceritakan, pohon Randu Gede bagaikan istana kerajaan. Anehnya, ranting yang berjatuhan tidak pernah menimpa rumah warga setempat meskipun ukuran ranting lebih besar dari pohon kelapa.

Lokasi pohon Randu Gede berada tidak jauh dari dari alun-alun Pendopo Indramayu. Pohon ini selalu dikunjungi oleh wisatawan yang gemar nongkrong sembari berburu spot foto berlatar pohon dan rumah.


3. Science Center Mutiara Bangsa

Science Center Mutiara Bangsa merupakan destinasi terbaru di Indramayu yang dibuka sekitar bulan oktober 2017. Tempat bermain anak yang berada di Komplek Waduk Bojongsari, Sindang, Bojongsari, Kec. Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat ini menjadi pusat edukasi terbesar di Indonesia dengan 48 wahana iptek di dalamnya.

Wahana iptek tersebut di antaranya: puzzle persegi, jam pasir, color blind, kaleidoskop, meja lensa, mengenal tubuh, uji konsentrasi, Telor dino, cylinder, pengurai cahaya, hexagon ajaib. Selain itu, terdapat juga bioskop empat Dimensi yang diharapkan menjadi pembelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi bagi wisatawan.

Pusat Edukasi ini terdiri dari 2 lantai. Lantai pertama berisa wahana dinosaurus, simulasi rumah gempa, sepeda gantung dan alat peraga iptek. Lalu di lantai dua terdapat bioskop 4 dimensi dengan kapasitas 80 orang.


4. Pantai Tirtamaya Indramayu

Terdapat sebuah Pantai dengan pemandangan elok di Indramayu. Pantai tersebut bernama Pantai Tirtamaya. Lokasi pantai ini tidak terlalu jauh dari pusat kota.
Selain nuansa pantai yang memikat, eksotisme sunrise dan sunset menjadi daya tarik tersendiri yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Pantai Tirtamaya berlokasi di Juntikedokan, Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.


5. Pantai Balongan Indah

Pantai Balongan Indah memiliki eksotisme pantai yang keren. Berpasir hitam, dii pantai ini kamu bisa menikmati keindahan laut dengan deburan ombaknya yang bikin rileks dan menenangkan pikiran.

Lokasi Pantai Balongan Indah berada di Raya Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.


6. Pantai Glayem Indramayu

Sebuah view menarik tersaji di Pantai Glayem Indramayu. Batu pemecah pantai menyajikan pemandangan berbeda dari pantai lainnya.

Selain menikmati keindahan pantai yang bikin adem pikiran, kamu juga bisa mencicipi ragam kuliner khas di sekitar pantai. Pantai Glayem berlokasi di Jantinyuat, Indramayu, Jawa Barat.


7. Pantai Tanah Merah Eretan

Berbeda dengan wisata pantai lainnya di Indramayu, wisata pantai Tanah Merah Eretan cukup unik dengan kondisi tanahnya yang agak kemerahan. Terletak di Eretan, Indramayu, pesona pantai ini mengagumkan.


8. Hutan Mangrove Karangsong

Hutan Mangrove di Karangsong, Kecamatan Indramayu, Indramayu, Jawa Barat ini sangat keren. Di kawasan wisata ini kamu bisa menikmati keindahan pantai sekaligus mengelilingi hutan mangrove-nya yang asri.

Pengunjung dapat menyusuri hutan bakau dengan menggunakan perahu. Dengan luas mencapai kurang lebih 25 hektar, kamu bisa mengenal berbagai jenis tumbuhan mangrove yang ada di kawasan ini.


9. Pulau Biawak

Di pulau ini terdapat sebuah menara mercusuar kuno yang dibangun pada tahun 1872 oleh ZN. Willem. Pulau yang dihuni satwa liar biawak ini memiliki taman laut dengan kehidupan bawah laut yang luar biasa indahnya.

Kamu bisa menghabiskan waktu liburan dengan hunting spot foto, snorkeling, memancing atau mengexplore keindahan pulau.


10. Waduk dengan luas area mencapai 70 hektar ini merupakan bangunan peninggalan zaman Belanda yang dibangun pada tahun 1927.

Selain difungsikan sebagai sumber pengairan atau irigasi, waduk ini juga banyak dikunjungi sebagai objek wisata yang menarik.

Lokasi: Situraja, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.


11. Taman Rusa Bumi Patra

Taman wisata edukasi yang satu ini merupakan tempat pelestarian dan pengembangbiakan Rusa Jawa yang keberadaannya semakin langka. Terdapat lima rusa jantan dan lima rusa betina yang bisa menjadi hiburan tersendiri di saat liburan.

Taman ini berlokasi di Perumahan Bumi Patra Indramayu, Jalan Bumi Patra Raya, Pekandangan, Kecamatan Indramayu, Indramayu, Jawa Barat.


12. Wiasata Tiga Bintang Firdaus

Kolam renang dengan view lingkungan di Desa Kombo, Terisi, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, ini sangat asri dan teduh. Di kolam renang ini kamu bisa mencoba berbagai wahana permainan seperti seluncuran, ember tumpah dan terapi ikan.

Ada juga taman satwa, gazebo untuk bersantai dan spot selfie keren.


13. Agung Fantasi Water Park

Taman rekreasi air ini sangat cocok dikunjungi bareng keluarga karena menyediakan arena bermain anak yang seru. Fasilitas yang tersedia cukup lengkap, mulai dari wahana permainan air seru, kolam renang dengan kedalaman yang bervariasi, foodcourt, parkir yang luas dan fasilitas pendukung lainnya yang akan membuat kamu semakin nyaman dan betah.

Lokasi Agung Fantasi Water Park berada di Jalan Bangkaloa Ilir-Widasari No. 58, Bangkaloa Ilir, Widasari, Indramayu, Jawa Barat.

 

14. Waterboom Bojongsari

Waterboom Bojongsari di Desa Bojongsari, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat ini unik. Dengan konsep water base theme park, Waterboom Bojongsari menawarkan arena rekreasi seru yang akan membuat liburanmu semakin menyenangkan.

Beberapa wahana seperti bungee trampoline, ember tumpah, kolam arus, serta ATV akan membuat momen liburanmu semakin seru.

 


Komentar Pembaca