Hati-hati, Minum 6 Cangkir Kopi Berisiko 22 Persen Terkena Jantung

Kesehatan  RABU, 15 MEI 2019 | 11:30 WIB

Hati-hati, Minum 6 Cangkir Kopi Berisiko 22 Persen Terkena Jantung

MoeslimChoice | Meminum kopi bagi para maniak kopi seperti candu. Per hari bisa menghabiskan sejumlah cangkir kopi. Tapi bukan rahasia umum lagi jika meminum kopi dalam jumlah banyak per hari berisiko besar terkena penyakit kardiovaskular atau jantung.

Menurut Studi yang dipublikasikan American Journal of Clinical Nutrition, peneliti dari University of South Australia menganalisis catatan kesehatan dan pola diet yang dilaporkan dari 347.077 peserta dengan rentang usia 37 dan 73 tahun. Peneliti juga memperhatikan peserta studi yang memiliki varian gen tertentu dengan sebutan CYP1A2. Gen itu memungkinkan orang untuk memetabolisme kafein lebih cepat daripada yang tidak memiliki gen.

Hasil penelitian menyebut secara keseluruhan, mereka yang mengkonsumsi enam atau lebih cangkir kopi sehari maka 22 persen lebih mungkin terkena penyakit kardiovaskular selama masa studi. Hal berbeda dibandingkan dengan mereka yang minum satu hingga dua cangkir setiap hari.

Peneliti Dr Ang Zhou menuturkan, hubungan ini tidak tergantung pada susunan genetik, alias orang dengan cepat memetabolisme kafein tidak lebih aman juga daripada mereka yang tidak memilikinya. Pasalnya, kelebihan konsumsi kafein dapat menyebabkan tekanan darah tinggi yang merupakan faktor risiko penyakit kardiovaskular.

"Orang akan setuju jika kamu minum banyak kopi, kamu mungkin merasa gelisah, jengkel atau bahkan mual," kata penulis penelitian, Elina Hypponen, direktur Australian Centre for Precision Health, dalam siaran pers, seperti dikutip dari Health.

Hypponen menambahkan, kondisi demikian terjadi karena kafein membantu tubuh bekerja lebih cepat dan lebih keras. Akan tetapi Elina juga menyimpulkan, rasa gelisah juga menjadi tanda konsumsi kopi telah mencapai batas konsumsi.

Meski demikian, itu tidak berarti bahwa kopi buruk bagi kesehatanmu. Faktanya, para peneliti juga menemukan partisipan yang tidak minum kopi sama sekali atau mereka yang minum kopi tanpa kafein juga memiliki tingkat penyakit jantung yang lebih tinggi (masing-masing 11 persen dan 7 persen lebih tinggi) dari mereka yang minum satu hingga dua cangkir per hari.

Dalam penelitian sebelumnya disebutkan, kopi kaya antioksidan dan dapat mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes jika dikonsumsi dalam jumlah sedang.

 


Komentar Pembaca