Operasi Pasar Bawang Putih di Mana-mana

Ekonomi  RABU, 08 MEI 2019 | 08:45 WIB | Warni Arwindi

Operasi Pasar Bawang Putih di Mana-mana

Operasi pasar bawang putih

MoeslimChoice | Operasi pasar bawang putih akan berlangsung di sejumlah wilayah di Indonesia. Ini terkait harga eceran bawang putih yang meroket beriringan Ramadan kali ini.

"Yogyakarta sudah melakukan OP, menyusul Lampung, Sumbar, dan beberala provinsi lainnya," ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan Agung Hendriadi di kantornya, Selasa, 7/5/19. Agung mengimbau masyarakat terutama ibu rumah tangga tetap tenang karena pemerintah sudah menyiapkan stok bawang putih yang mencukupi.

Lonjakan permintaan pangan menurut Agung, sifatnya hanya sesaat dan beberapa waktu saja. "Keinginan ibu-ibu mempunya stok lebih banyak bawang, cabai biasanya 3 hari memasuki puasa ramadan, setelah itu agak berkurang, dan seminggu sebelum lebaran ada sedikit kenaikan lagi," kata Agung.

"Ini sudah rutin dan setiap HBKN memang begitu. Namun kami sudah mengantisipasinya, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir," tambah Agung.

Untuk melakukan pemantauan ketersediaan dan harga pangan, lanjutnya, pihaknya telah bersinergi dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait dan Satgas Pangan untuk bersama-sama turun ke pasar.

Agung bilang, melalui upaya yang dilakukan, diharapkan harga ditingkat produsen tidak jatuh agar produsen terus semangat berproduksi. "Di sisi lain, harganya juga terjangkau oleh daya beli masyarakat," pungkas Agung.


Komentar Pembaca