Herman Deru Resmikan Universitas Sumatera Selatan

Tentang Sumsel  SELASA, 09 APRIL 2019 | 02:00 WIB

Herman Deru Resmikan Universitas Sumatera Selatan

Moeslimchoice - Gubernur Sumsel Herman Deru mengemukakan, sumber daya manusia berintelektual yang dihasilkan perguruan tinggi diperlukan untuk membantu pembangunan yang berkeadilan dan merata. Kita butuh SDM yang tercetak melalui berbagai lembaga pendidikan yang ada di Sumsel.

"Dengan berbagai peran, berfungsi untuk meningkatkan potensi masyarakat yang ada di Sumsel," kata Gubernur Herman Deru saat meresmikan Universitas Sumatera Selatan di Ballroom Hotel Novotel Palembang, Senin (8/4/2019).

Selain itu, Ia mengatakan Universitas Sumatera Selatan memiliki berbagai fakultas yang sesuai dengan potensi daerah yang ada di Sumsel, diantaranya yaitu perikanan, pertanian, dan komputer.

"Kita butuh teknologi dalam mengelola sumber daya yang ada. Kita juga butuh SDM yang paham potensi daerah dan cara pengelolaannya berdasarkan ilmu yang didapatkannya," tutur Herman Deru.

Para intelektual harus berkemampuan mengajak para pelaku peternak, petani sayur dan ikan untuk membentuk sebuah usaha yang bukan hanya sekedar penghasilan tetapi juga menciptakan lapangan pekerjaan yang mampu meningkatkan ekonomi daerah.

Oleh karena itu, perlu diadakan MoU dengan Universitas Sumsel yang bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Pemerintah maupun instansi pendidikan. Berdirinya perguruan tinggi ini harus segera didukung dengan MoU pertama Pemprov, Pemkab, Pemkot di daerah.

“MoU diutamakan pada daerah dengan potensi pertanian dan perternakan. Saya berharap Mou ini dapat membangun citra pertanian dan perternakan,” ujarnya.  

Herman Deru berkata bahwa Sumsel membutuhkan para ilmuan dan melalui pendirian universitas ini, maka diharapkan akan membantu mengangkat citra Sumsel sebagai lumbung pangan.

“Kita punya SDA dan SDM yang bisa dioptimalkan untuk memproduktifkan lahan yang tidak produktif dengan didukung Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah,” ucapnya.

Selanjutnya, Ia berharap apapun jenis fakultasnya, semua harus bermuara pada penekanan angka kemiskinan. Setiap profesi, apapun fakultasnya, dan semua kalangan harus berkontribusi dalam penurunan kemiskinan.

Sementara itu, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah 2 Irsan Aras, M.Kom berharap agar Universitas dapat berperan dalam pengembangan pendidikan yang berorientasi di dunia usaha maupun industri.

“Mari kita wujudkan civitas Universitas Sumatera Selatan dapat berperan untuk memberi pelayanan pendidikan yang terbaik sesuai Tri Dharma Universitas,” ungkapnya.

Ia juga mengimbau agar Universitas Sumsel dapat menjalankan program reformasi birokrasi dengan cara dan bentuk layanan yang sesuai peraturan yang ada.

Dalam acara ini juga diinformasikan bahwa rektor Universitas Sumatera Selatan masa jabatan 2019/2023 yaitu Prof. Dr. H. Mahyuddin, NS, SP.OG.

Acara ini dihadiri oleh Pangdam Kodam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M.Hum, Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, para kepala OPD Pemprov Sumsel, para rektor, guru besar, pimpinan perusahaan BUMN, swasta, Kepala Sekolah SMA/SMK, Para camat di kota Palembang, dan Direktur Media cetak dan elektronik di Palembang.(Ang)


Komentar Pembaca