Gerakan Pramuka UIN Jakarta Adakan Tausiah Kebangsaan

Nasional  JUMAT, 15 MARET 2019 | 16:16 WIB | Melati Tagore

Gerakan Pramuka UIN Jakarta Adakan Tausiah Kebangsaan

foto/net

Moeslimchoice. Ratusan anggota pramuka dan Mahasiswa hadiri tausiah kebangsaan di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatulllah, Jakarta. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka Gugus Depan Jakarta Selatan UIN Syarif Hidayatullah itu, mengangkat tema 'Pramuka Perekat NKRI'.

Kegiatan yang bertempat di Aula Harun Nasution itu, dihadiri pejabat kampus, perwakilan Kwarda Pramuka DKI Jakarta, Banten, Kepala Dinas Tangerang Selatan, Danramil Ciputat serta tamu undangan lainya.

Tausiyah kebangsaan disampaikan oleh KH. Ahmad Muwafiq atau yang biasa disapa Gus Muwafiq. Dalam tausiahnya, Gus Muwafiq menekankan pentingnya persatuan di tengah problem kebangsaan."Indonesia bisa kuat dan punya persatuan karena punya Pancasila," tutur Gus Muwafiq di UIN Syarif Hidayatullah Tangerang Selatan, Jumat (15/3).

Dikatakan Gus Muwafik, bahwa setiap negara memiki problem kebangsaan. Indonesia mampu mengelola problem tersebut dengan berdiri di atas bangsa, itulah kehebatannya. Ini yang tidak dimiliki bangsa lain.

"Indonesia memiliki mekanisme tersendiri dalam mengelola konflik yang ada, sehingga potensi yang ada, akan meredam dengan sendirinya," tegasnya.

Menurut Gus Muwafiq, saat ini ada sebagian generasi memiliki pandangan bahwa tidak modernis kalo tidak eropa. Tidak agamis kalo tidak arab. Akan tetapi lewat gerakan Pramuka, jangan sampai kita kehilangan identitas. 

"Jangan malu menjadi orang Indonesia," tutup Gus Muwafik.

Sebelumnya, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Masri Mansoer dalam sambutannya mengatakan, bahwa  Indonesia adalah bangsa yang plural, baik dari suku, adat, maupun bahasa. Menurutnya, kehidupan yang penuh keragamanan adalah ujian.

"Anggota Pramuka harus menjadi generasi yang mampu merawat Indonesia. Karena keragaman ini adalah takdir dan rahmat dari Allah," pungkasnya. [kemenag]


Komentar Pembaca