Teror di Masjid | PM Selandia Baru Sebut 40 Tewas

Internasional  JUMAT, 15 MARET 2019 | 14:54 WIB | Warni Arwindi

Teror di Masjid | PM Selandia Baru Sebut 40 Tewas

MoeslimChoice | Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern menyebutkan 40 orang tewas dalam serangan terhadap dua masjid di Christchurch. Empat tersangka, tiga lelaki dan satu perempuan, sudah ditahan, termasuk seorang Australia.

Level ancaman keamanan sekarang berada pada level tertinggi kedua. Dia mengatakan pihak berwenang tidak punya alasan untuk percaya ada lebih banyak tersangka, tetapi "kami tidak menganggap itu pada tahap ini." Seorang pria yang mengaku bertanggung jawab atas penembakan itu menggambarkan pandangan anti-imigran dalam sebuah manifesto.

Ardern berkata, "Mereka adalah orang-orang yang saya sebut memiliki pandangan ekstremis, yang sama sekali tidak punya tempat di Selandia Baru."

Dia mengatakan sebelumnya bahwa migran dan pengungsi tampaknya paling terpengaruh oleh penembakan. Sedangkan Seorang pria yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu mengatakan ia adalah seorang Australia berusia 28 tahun dan menggambarkan motif anti-imigran dalam sebuah manifesto.

“Jelas bahwa ini sekarang hanya dapat digambarkan sebagai serangan teroris. Dari apa yang kita ketahui, tampaknya memang telah direncanakan dengan baik," ungkap Ardern dalam konferensi pers.


Komentar Pembaca