PM Selandia Baru: Ini Salah Satu Hari Tergelap Kami

Internasional  JUMAT, 15 MARET 2019 | 11:16 WIB | Warni Arwindi

PM Selandia Baru: Ini Salah Satu Hari Tergelap Kami

Salah satu pelaku serangan ke masjid di Selandia Baru.

MoeslimChoice | Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern langsung menggelar konferensi pers segera setelah insiden penyerangan dua mesjid di Christchurch heboh. Ardern engatakan rincian peristiwa serangan teror ini belum jelas.

"Tetapi saya dapat memberitahu Anda sekarang - ini akan menjadi salah satu hari paling gelap di Selandia Baru," ujarnya Jumat, 15/3/19.

Selain itu Ardern menegasan, "Yang menjadi sasaran serangan hari ini: Selandia Baru adalah rumah mereka. Mereka harus aman di sini," kata wanita Perdana Menteri yang mengaku agnostik ini.

Serangan teror beruntun melanda setidaknya dua masjid di Christchurch,  kota terbesar di Pulau Selatan Selandia Baru dan pusat wilayah Canterbury. Dua serangan teror terhadap mesjid di Dean's Road dan Linwood Avenue ini setidaknya menewaskan sembilan orang.

Polisi Selandia Baru mengkonfirmasi ada beberapa korban. Petugas polisi juga mengatakan satu tersangka ditahan, tetapi situasinya masih berlanjut dan ini adalah situasi penembak aktif.

Komisaris Polisi Mike Bush mengatakan itu adalah "situasi yang sangat serius dan gawat" serta memperingatkan warga untuk tidak meninggalkan rumah mereka. "Tutup pintumu sampai kau mendengar kabar dari kami lagi," kata Bush.

Dalam serangan itu, salah satu pelaku merekam tindakannya dalam video berdurasi 17 menit. Namun, Video yang diunggah di youtube itu telah dihapus oleh pengelola karena melanggar ketentuan.

Video lain menunjukkan polisi meringkus pelaku serangan seperti berikut ini.




Komentar Pembaca